Penggunaan Whatsapp pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Padang

Handika, Jaka (2022) Penggunaan Whatsapp pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_06_JAKA_HANDIKA_17232034_5689_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang penggunaan whatsapp sebagai media komunikasi pembelajaran seni musik secara luring dan secara daring dalam pembelajaran seni budaya (musik) di Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Padang. Dimana siswa yang belum divaksinasi covid-19 tetap belajar secara daring, dan siswa yang sudah divasksinasi diperkenankan untuk mengikuti pembelajaran seni musik secara tatap muka di kelas. Karena kondisi ini berada pada masa transisi dari pembelajaran daring ke luring, maka aplikasi WA yang digunakan guru untuk pembelajaran, tetap dapat dimanfaatkan bersama oleh siswa yang belajar seni musik daring terutamanya, maupun oleh siswa yang belajar secara luring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan dengan pendekatan penelitian deskriptif analisis. Instrument penelitian yang digunakan ini berupa catatan pengamatan, pedoman wawancara, dan studi pustaka, untuk digunakan sebagai alat pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan pembelajaran seni musik secara tatap muka atau secara luring bagi 25 orang siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Padang, yang mau tak mau mereka terikursertakan untuk belajar musik tambahan menggunakan WA. Adapun whatsapp dalam pembelajaran luring hanya berperan sebagai media pengingat dan pemberi informasi semata dalam pembelajaran seni musik tersebut. Sementara untuk penggunaan aplikasi WA bagi 7 orang siswa kelas XI IPA 4 yang belajar seni musik secara daring karena mereka belum divaksinasi, menyebabkan WA sebagai sumber informasi pembelajaran utama yang digunakan dalam belajar seni musik, termasuk dalam mengkonfirmasi pengiriman tugas-tugas dan mengakses materi pelajaran sesuai dengan media foto, video maupun link internet yang dikirimkan guru kepada mereka saat belajar musik secara daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSudarman, YosUNSPECIFIED
CorrectorYensharti, YenshartiUNSPECIFIED
CorrectorSyeilendra, SyeilendraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: APLIASI WHARSAPP, PEMBELAJARAN LURING, PEMBELAJARAN DARING
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:08
Last Modified: 26 Jun 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44516

Actions (login required)

View Item View Item