Pengembangan E-Modul berbasis Androidpada Mata Kuliah Aplikasi Komputer sebagai Alternatif Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh.

Prima, Kurnia Wahyu (2022) Pengembangan E-Modul berbasis Androidpada Mata Kuliah Aplikasi Komputer sebagai Alternatif Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_KURNIA_WAHYU_PRIMA_20138032_6299_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah media pembelajaran masih kurang divariasikan, pemahaman terhadap materi pembelajaran masih kurang dan pemanfaatan teknologi terkhusus smartphone belum di manfaatkan pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis android dan menghasilkan media yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Aplikasi Komputer di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D), dengan model pengembangan four-D.Prosedur pengembangan four-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran).Teknik analisis data yang digunakan dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada e-modul yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah e-modul berbasis android.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan valid pada aspek media 88%, aspek materi dengan hasil sebesar 93%. Media yang dikembangkan praktis dengan nilai kepraktisan dari respons dosen dengan hasil sebesar 97,3% dan respons mahasiswa 88,3%, serta e-modul berbasis android yang dihasilkan efektif digunakan dengan hasil posttest dilihat dari ketuntasan klasikal mahasiswa sebesar 91% dan nilai gain score sebesar 0,57 dengan kategori sedang. Kesimpulannya adalah e-modul berbasis android yang dikembangkan dapat digunakan dan layak pada proses pembelajaran untuk membantu belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorRizal, FahmiUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANDROID, E-MODUL, APLIKASI KOMPUTER
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:08
Last Modified: 26 Jun 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44515

Actions (login required)

View Item View Item