Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis

Maulana Irsyad, Agung (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AGUNG_MAULANA_IRSYAD_19016140_3275_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman dengan teknik purposive sampling untuk pengambilan sampel. Sampel yang dipilih terdiri dari satu kelas. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman tanpa dan menggunakan model pembelajaran project based learning. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Uji prasyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini ada tiga, yakni sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks berita tanpa menggunakan model pembelajaran project based learning yang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (Ldc) dengan nilai rata-rata 75. Kedua, keterampilan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran project based learning yang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 85,28. Ketiga, berdasarkan uji-t hasil perolehan fhitung ini dibandingkan dengan ftabel pada derajat kebebasan (dk) = (n-2) pada taraf signifikan 95% fhitung> ftabel (-4,04250371708286>1,82213229049749), dengan demikian hipotesis berbunyi terdapatnya pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pariaman menggunakan model pembelajaran project based learning lebih baik tanpa menggunakan model pembelajaran project based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
CorrectorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:08
Last Modified: 26 Jun 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44513

Actions (login required)

View Item View Item