Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pop-Up Book pada Anak Disleksia: Single Subject Reaserch di Kelas IV SD Negeri 22 Koto Lalang Padang

Fitriani, Aliansa (2023) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pop-Up Book pada Anak Disleksia: Single Subject Reaserch di Kelas IV SD Negeri 22 Koto Lalang Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Aliansa_Fitriani_18003002_2700_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya kasus di SDN 22 Koto Lalang berupa ketidakmampuan membaca seorang anak kelas IV. Penambahan, pengurangan serta penggantian huruf pada kata dalam membaca khususnya kata dengan huruf konsonan rangkap ng ialah permasalahan spesifiknya. Tujuan penelitian untuk meningkatkan membaca permulaan kata dalam membaca serta efektivitas penggunaan media pop up book pada kemampuan membaca permulaan. Pendekatan yang digunakan ialah eksperimen desain single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Anak kesulitan membaca ialah subjek penelitian ini. Target behaviour penelitian ini ialah kemampuan membaca permulaan pada kata yang terdapat huruf konsonan rangkap ng dengan bentuk penilaian dalam bentuk persentase. Penelitian dilakukan dalam tiga kondisi yaitu baseline I, intervensi, dan baseline II. Baseline (A1) empat kali pengamatan. Dilanjutkan dengan intervensi (B) delapan kali. Kemudian baseline II (A2) dilakukan empat kali. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Data diperoleh lalu diolah menggunakan grafik guna menggambarkannya secara jelas. Konklusi penelitian menjabarkan bahwa media popup book mampu membuat kemampuan anak meningkat pada aspek membaca permulaan kata yang terdapat huruf konsonan rangkap ng. Terbukti rumusan masalah berupa penggunaan media popup book pada anak kesulitan membaca dengan permasalahan pada kata yang terdapat huruf konsonan rangkap ng dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:02
Last Modified: 26 Jun 2023 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44504

Actions (login required)

View Item View Item