Fitriani, Aliansa
(2023)
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Melalui Media Pop-Up Book pada Anak Disleksia: Single Subject Reaserch di
Kelas IV SD Negeri 22 Koto Lalang Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya kasus di SDN 22 Koto Lalang berupa
ketidakmampuan membaca seorang anak kelas IV. Penambahan, pengurangan serta
penggantian huruf pada kata dalam membaca khususnya kata dengan huruf
konsonan rangkap ng ialah permasalahan spesifiknya. Tujuan penelitian untuk
meningkatkan membaca permulaan kata dalam membaca serta efektivitas
penggunaan media pop up book pada kemampuan membaca permulaan.
Pendekatan yang digunakan ialah eksperimen desain single subject research
(SSR) dengan desain A-B-A. Anak kesulitan membaca ialah subjek penelitian ini.
Target behaviour penelitian ini ialah kemampuan membaca permulaan pada kata
yang terdapat huruf konsonan rangkap ng dengan bentuk penilaian dalam bentuk
persentase. Penelitian dilakukan dalam tiga kondisi yaitu baseline I, intervensi, dan
baseline II. Baseline (A1) empat kali pengamatan. Dilanjutkan dengan intervensi
(B) delapan kali. Kemudian baseline II (A2) dilakukan empat kali. Pengumpulan
data dilakukan melalui tes. Data diperoleh lalu diolah menggunakan grafik guna
menggambarkannya secara jelas.
Konklusi penelitian menjabarkan bahwa media popup book mampu
membuat kemampuan anak meningkat pada aspek membaca permulaan kata yang
terdapat huruf konsonan rangkap ng. Terbukti rumusan masalah berupa
penggunaan media popup book pada anak kesulitan membaca dengan permasalahan
pada kata yang terdapat huruf konsonan rangkap ng dapat meningkat.
Actions (login required)
|
View Item |