Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Senam Ritmik bagi Anak Tunagrahita Ringan (Singel Subject Research di SLBN 1 Panti)

Krismon, Annisa (2023) Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Senam Ritmik bagi Anak Tunagrahita Ringan (Singel Subject Research di SLBN 1 Panti). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_ANNISA_KRISMON_16003057_3659_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Senam Ritmik Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLBN 1 Panti. Penelitian ini terdapat subjek seorang anak tunagrahita ringan kelas IV SLBN 1 Panti. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subjek Research (SSR) desain A-B-A yang mana pada kondisi baseline (A 1 ) dilaksanakan 4 kali pengamatan, intervensi 7 kali pengamatan, dan baseline (A 2 ) 4 kali pengamatan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi langsung dan tes perbuatan menggunakn alat pengumpulan data berupa instrumen perbuatan. Kemudian data dianalisi dengan menggunakan teknik analisis visual grafik. Berdasarkan analisis data dari 3 kondisi selama 15 kali pertemuan, pada kondisi baseline A 1 diperoleh hasil 28%, 32%, 32%, 32%. Kondisi intervensi diperoleh hasil 70%, 70%, 82%, 82%, 82%, 86%, 88%. Kondisi baseline A 2 diperoleh hasil 88%, 90%, 90%, 90%. Dengan demikian hasil penelitian menyatakan bahwa kegiatan senam ritmik dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar bagi anak tunagrahit ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdamurni,, Irdamurni,UNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:01
Last Modified: 26 Jun 2023 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44503

Actions (login required)

View Item View Item