Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP

Hendrawan, Arief (2023) Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Arief_Hendrawan_18004102_2609_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran mampu mengubah materi yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret dan dapat peserta didik rasakan baik suara atau gambar secara bersamaan yaitu berupa video animasi. Media video animasi ini dikemas menggunakan aplikasi Powtoon yang termasuk ramah penggunaan dalam prosesn pembelajaran. Pada pembelajaran IPA dikelas guru lebih mendominasi pembelajaran dan guru menggunakan media seadanya sepert i buku cetak sehingga dalam proses pembelajaran tersebut siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu, video pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan aspek-aspek berupa gambar, animasi, dan suara yang belum ada pada media yang dipakai sebelumnya. Pengembangan media video animasi ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video animasi yang valid dan praktis untuk digunakan. Pengembangan media video animasi ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video animasi yang valid dan praktis untuk digunakan. Penelit ian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video animasi menggunkan powtoon pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP. Jenis penelit ian ini adalah Research and Development (R&D). Model penelit ian yang digunakan yaitu model pengembangan 4-D (Four-D Models). Model pengembangan 4-D (Four-D Models) terdapat empat tahap yang harus dilakukan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Uji validasi produk yang dilakukan oleh tiga validator, dimana satu orang validator materi dan dua orang validator media. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan oleh siswa kelas VIII A SMPN 1 Padang Panjang yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelit ian yang digunakan adalah lembar angket, dokumentasi dan format penilaian. Hasil uji validitas didapat i bahwa hasil rata-rata dari validasi materi adalah 4,77 dalam kategori “sangat valid” dan hasil validasi ahli media dengan nilai rata-rata yang diperoleh oleh validator media I yaitu 4,46 dan validator media II yaitu 4,86 dalam kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil praktikalitas oleh siswa kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang dalam kategori “sangat valid”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kuis interaktif “layak digunakan” digunakan pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:01
Last Modified: 26 Jun 2023 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44502

Actions (login required)

View Item View Item