Mahendra, Asdani
(2023)
Hubungan Bimbingan Karier dengan Perencanaan
Karier Siswa SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang
Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Masalah perencanaan karier yang dihadapi siswa yaitu kurangnya motivasi
siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan bimbingan karier di SMA Negeri 1 V Koto Kampung
Dalam, bagaimana perencanaan karier siswa di SMA Negeri 1 V Koto Kampung
Dalam, dan apakah terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan karier
dengan perencanaan karier siswa di SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional.
Populasi penelitian yaitu siswa kelas XII SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam
Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 221 orang. Sampelnya sebanyak 142
siswa ditetapkan dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu angket bimbingan karier dan angket
perencanaan karier.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) gambaran bimbingan karier
siswa SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman lebih
banyak pada kategori baik, hasil penelitian menunjukkan terdapat 62 siswa
melaksanakan bimbingan karier dengan persentase 43% dari keseluruhan yang
diteliti, (2) gambaran perencanaan karier yang disiapkan oleh siswa SMA Negeri 1
V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman lebih banyak pada kategori
baik, hasil penelitian menunjukkan 61 siswa menyiapkan perencanaan karier
dengan persentase 43%, (3) terdapat hubungan positif bimbingan karier dengan
perencanaan karier siswa SMA Negeri 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten
Padang Pariaman sebesar 0.844 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai
Pearson Correlation yaitu 1. Hal ini menegaskan bahwa terdapat hubungan yang
positif signifikan antara bimbingan karier dengan perencanaan karier siswa dengan
tingkat korelasi sangat kuat.
Actions (login required)
|
View Item |