Kepuasan Pemustaka terhadap Layanan Pustakawan di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Padang

Rahmadani, Adzkia (2023) Kepuasan Pemustaka terhadap Layanan Pustakawan di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_ADZKIA_RAHMADANI_190234059_3199_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa puas pemustaka dengan layanan Pustakawan di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Padang. Penyebaran angket di Politeknik Negeri Padang merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden, populasi dalam penelitian ini merupakan pengunjung perpustakaan di Politeknik Negeri Padang. Agar peneliti dapat secara acak mengumpulkan sampel dari siapa pun yang mereka temui tanpa perencanaan sebelumnya, pengambilan sampel dipilih berdasarkan teknik Accidental Sampling. Berdasarkan temuan penelitian, kepuasan pelanggan UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Padang terhadap layanan pustakawan diukur dengan menggunakan alat yang menggunakan teknik SERVQUAL dan memiliki lima dimensi dengan skor rata-rata 3,22. Pertama, dimensi tangibles memiliki skor rata-rata skala interval positif sebesar 3,22 yang menunjukkan bahwa pemustaka puas dengan layanan pustakawan karena fasilitas fisik diberikan atau disediakan sesuai dengan permintaan mereka. Kedua, dimensi reliability memiliki skor rata-rata interval positif 3,26, yang menunjukkan bahwa pemustaka puas dengan layanan pustakawan karena memberikan informasi akurat yang akurat dan terpercaya. Ketiga, dimensi responsiveness memiliki skor rata-rata 3,18 dalam interval positif, yang menunjukkan bahwa pemustaka puas akibat keinginan pustakawan untuk membantu dan menawarkan layanan cepat (responsif) kepada mereka. Keempat, dimensi assurance memperoleh skor rata-rata 3,25 pada skala interval positif, yang menunjukkan bahwa pemustaka puas karena keamanan yang ditawarkan, keramahan, kesopanan pustakawan, keandalannya, dan pengetahuannya. Kelima, dimensi emphaty memperoleh skor 3,22 pada skala interval positif, yang menunjukkan bahwa pemustaka puas karena pustakawan menyadari kebutuhannya, yang antara lain sederhananya membangun ikatan interpersonal yang kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, HafrisonUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:25
Last Modified: 23 Jun 2023 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44486

Actions (login required)

View Item View Item