Profil Siswa Tunagrahita Ringan (X) yang Berprestasi di Bidang Keterampilan Menjahit di SLB Negeri 1 Harau (Penelitian Deskriptif Kualitatif)

Fania, Adinda (2023) Profil Siswa Tunagrahita Ringan (X) yang Berprestasi di Bidang Keterampilan Menjahit di SLB Negeri 1 Harau (Penelitian Deskriptif Kualitatif). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Adinda_fania _18003051_3883_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan ialah suatu bentuk dalam mencerdaskan bangsa serta juga sebagai upaya dalam meraih tujuan Indonesia, hal ini sesuai dengan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-4 Semua anak tanpa terkecuali berhak mendapatkan pendidikan, termasuk anak berkebutuhan khusus, Anak berkebutuhan khusus terdiri dari beberapa klasifikasi salah satunya siswa tunagrahita Selayaknya siswa pada umumnya siswa tunagrahita juga membutuhkan pendidikan hanya saja pada proses pendidikannya siswa tunagrahita membutuhkan pelayanan khusus. Selain kemampuan dalam bidang akademik siswa tunagrahita juga membutuhkan pengembangan keterampilan vokasional untuk menunjang kemampuannya di tengah masyarakat, namun siswa penyandang tunagrahita ringan dengan segala kekurangan yang ada pada dirinya tidak mengurangi semangatnya dalam mengukir prestasi yang membanggakan oleh sebab itu hal yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, “apa saga prestasi yang telah diraih X pada bidang keterampilan menjahit dan serta siapa saja yang berperan aktif dalam peningkatan prestasi yang diraih X ?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui prestasi yang sudah diraih siswa penyandang tunagrahita X serta siapa saja yang memiliki peran aktif untuk peningkatan prestasi yang diraih X hingga berprestasi di dalam cabang keterampilan menjahit tingkat Provinsi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita ringan yang meraih prestasi di bidang menjahit. Penelitian dilakukan di SLB N 1 Harau. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berupa wawancara dan studi kasus. Adapun hasil dari penelitian ini ialah X mampu meraih prestasi dalam bidang keterampilan menjahit yaitu dalam ajang LKSN PDBK baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Peran guru untuk mengembangkan prestasi X adalah adalah memberikan dukungan secara moril dengan cara memberikan motivasi dan bimbingan. Metode pembelajaran yang diberikan Ibu Ida Hamidah yaitu dengan cara memberikan pembinaan, bimbingan dan praktek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:25
Last Modified: 23 Jun 2023 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44485

Actions (login required)

View Item View Item