Fania, Adinda
(2023)
Profil Siswa Tunagrahita Ringan (X) yang Berprestasi di
Bidang Keterampilan Menjahit di SLB Negeri 1 Harau (Penelitian Deskriptif
Kualitatif).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan ialah suatu bentuk dalam mencerdaskan bangsa serta juga sebagai
upaya dalam meraih tujuan Indonesia, hal ini sesuai dengan pembukaan Undang-Undang
Dasar 1945 alinea ke-4 Semua anak tanpa terkecuali berhak mendapatkan pendidikan,
termasuk anak berkebutuhan khusus, Anak berkebutuhan khusus terdiri dari beberapa
klasifikasi salah satunya siswa tunagrahita Selayaknya siswa pada umumnya siswa
tunagrahita juga membutuhkan pendidikan hanya saja pada proses pendidikannya siswa
tunagrahita membutuhkan pelayanan khusus. Selain kemampuan dalam bidang akademik
siswa tunagrahita juga membutuhkan pengembangan keterampilan vokasional untuk
menunjang kemampuannya di tengah masyarakat, namun siswa penyandang tunagrahita
ringan dengan segala kekurangan yang ada pada dirinya tidak mengurangi semangatnya
dalam mengukir prestasi yang membanggakan oleh sebab itu hal yang akan dikaji dalam
penelitian ini adalah, “apa saga prestasi yang telah diraih X pada bidang keterampilan
menjahit dan serta siapa saja yang berperan aktif dalam peningkatan prestasi yang diraih X
?”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui prestasi yang sudah
diraih siswa penyandang tunagrahita X serta siapa saja yang memiliki peran aktif untuk
peningkatan prestasi yang diraih X hingga berprestasi di dalam cabang keterampilan
menjahit tingkat Provinsi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun
subjek dari penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita ringan yang meraih prestasi di
bidang menjahit. Penelitian dilakukan di SLB N 1 Harau. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah berupa wawancara dan studi kasus.
Adapun hasil dari penelitian ini ialah X mampu meraih prestasi dalam bidang
keterampilan menjahit yaitu dalam ajang LKSN PDBK baik tingkat kabupaten, provinsi
dan nasional. Peran guru untuk mengembangkan prestasi X adalah adalah memberikan
dukungan secara moril dengan cara memberikan motivasi dan bimbingan. Metode
pembelajaran yang diberikan Ibu Ida Hamidah yaitu dengan cara memberikan pembinaan,
bimbingan dan praktek.
Actions (login required)
|
View Item |