Hubungan antara Ketersediaan Fasilitas Belajar dengan Minat Belajar Peserta Pelatihan Menjahit di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kerinci

Nurhalima, Afdila Santri (2023) Hubungan antara Ketersediaan Fasilitas Belajar dengan Minat Belajar Peserta Pelatihan Menjahit di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_AFDILA_SANTRI_NURHALIMA_19005109_4349_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kerinci. Salah satu faktor yang diduga menjadi penyebabnya yaitu kurangnya ketersediaan fasilitas belajar dalam pelatihan menjahit. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Mengetahui gambaran ketersediaan fasilitas belajar di Balai Laihan Kerja Kabupaten Kerinci. (2) Mengetahui gambaran minat belajar peserta pelatihan menjahit di Balai Laihan Kerja Kabupaten Kerinci. (3) Mengetahui apakah terdapat hubungan ketersediaan fasilitas belajar dengan minat belajar peserta pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional yang bertujuan meneliti korelasi antara variabel ketersediaan fasilitas belajar dengan variabel minat belajar. Populasi penelitian ini sebanyak 40 peserta pelatihan menjahit. Sampel diambil sebanyak 75% dari populasi yaitu 30 peserta pelatihan menjahit dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan korelasi (product moment). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Gambaran ketersediaan fasilitas belajar di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kerinci dikategorikan kurang lengkap; (2) Gambaran minat belajar peserta pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kerinci dikategorikan rendah; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara ketersediaan fasilitas belajar dengan minat belajar peserta pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kerinci. Disarankan kepada: (1) Pengelola Lembaga Balai Latihan Kerja dapat meningkatkan kualitas dan melengkapi fasilitas belajar pada pelatihan menjahit; (2) Instruktur agar dapat menyarankan kepada pengelola fasilitas apa yang perlu ditingkatkan; dan (3) Peneliti selanjutnya agar dapat meneliti variabel lain yang berhubungan dengan minat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:24
Last Modified: 23 Jun 2023 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44481

Actions (login required)

View Item View Item