Nurhalima, Afdila Santri
(2023)
Hubungan antara Ketersediaan Fasilitas
Belajar dengan Minat Belajar Peserta Pelatihan Menjahit di Balai Latihan
Kerja Kabupaten Kerinci.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta
pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kerinci. Salah satu faktor
yang diduga menjadi penyebabnya yaitu kurangnya ketersediaan fasilitas belajar
dalam pelatihan menjahit. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Mengetahui gambaran
ketersediaan fasilitas belajar di Balai Laihan Kerja Kabupaten Kerinci. (2)
Mengetahui gambaran minat belajar peserta pelatihan menjahit di Balai Laihan
Kerja Kabupaten Kerinci. (3) Mengetahui apakah terdapat hubungan ketersediaan
fasilitas belajar dengan minat belajar peserta pelatihan menjahit di Balai Latihan
Kerja Kabupaten Kerinci.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional
yang bertujuan meneliti korelasi antara variabel ketersediaan fasilitas belajar
dengan variabel minat belajar. Populasi penelitian ini sebanyak 40 peserta pelatihan
menjahit. Sampel diambil sebanyak 75% dari populasi yaitu 30 peserta pelatihan
menjahit dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data
berupa angket dan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data
menggunakan rumus persentase dan korelasi (product moment).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Gambaran ketersediaan fasilitas
belajar di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kerinci dikategorikan kurang lengkap; (2)
Gambaran minat belajar peserta pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja
Kabupaten Kerinci dikategorikan rendah; (3) Terdapat hubungan yang signifikan
antara ketersediaan fasilitas belajar dengan minat belajar peserta pelatihan menjahit
di Balai Latihan Kerja Kabupaten Kerinci. Disarankan kepada: (1) Pengelola
Lembaga Balai Latihan Kerja dapat meningkatkan kualitas dan melengkapi fasilitas
belajar pada pelatihan menjahit; (2) Instruktur agar dapat menyarankan kepada
pengelola fasilitas apa yang perlu ditingkatkan; dan (3) Peneliti selanjutnya agar
dapat meneliti variabel lain yang berhubungan dengan minat belajar.
Actions (login required)
|
View Item |