Potensi Ekstraksi Xilan dari Substrat Jerami padi untuk Produksi Xilanase oleh Bakteri Termofilik Amobil dengan Variasi Sumber Karbon

Nurfatihah Z, Zahara (2022) Potensi Ekstraksi Xilan dari Substrat Jerami padi untuk Produksi Xilanase oleh Bakteri Termofilik Amobil dengan Variasi Sumber Karbon. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ZAHARA_NURFATIHAH_Z_18032149_655_2022.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Xilanase adalah enzim ekstraseluler yang dimanfaatkan dalam berbagai industri. Xilanase dapat menghidrolisis xilan menjadi xilosa dan xilooligosakarida. Bakteri termofilik isolat SSA 2 dapat menghasilkan xilanase. Produksi xilanase oleh bakteri termofilik sel bebas tidak dapat digunakan untuk fermentasi berulang sehingga dilakukan amobilisasi sel. Produksi xilanase dapat berjalan dengan baik apabila adanya xilan sebagai substrat. Xilan dapat diperoleh dari limbah pertanian seperti jerami padi melalui ekstraksi dengan menggunakan pelarut yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk menentukan pelarut yang terbaik dalam mengekstraksi xilan dari substrat jerami padi dan menentukan sumber karbon yang terbaik untuk produksi enzim xilanase dari substrat jerami padi oleh bakteri termofilik amobil isolat SSA2. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan 2 tahap. Tahap 1 adalah optimasi ekstraksi xilan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial. Tahap ini memiliki dua faktor yaitu jenis pelarut dengan 5 perlakuan dan konsentrasi pelarut dengan 3 perlakuan, masing-masing perlakuan 3 ulangan. Tahap 2 adalah optimasi sumber karbon menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang memiliki 5 perlakuan dan 3 ulangan. Data hasil optimasi ekstraksi dengan berbagai pelarut dan aktivitas enzim xilanase pada variasi sumber karbon dianalisis dengan uji ANOVA dan uji lanjut DMRT pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan pelarut ekstraksi tidak berpengaruh nyata terhadap hasil rendemen xilan. Pelarut yang memiliki kecenderungan lebih baik dalam mengekstraksi xilan dari jerami padi adalah NaClO2 2% dengan nilai ratarata rendemen xilan tertinggi sebesar 28,7%. Penambahan sumber karbon berpengaruh terhadap produksi xilanase oleh bakteri termofilik amobil isolat SSA2. Penambahan xilosa sebagai sumber karbon menghasilkan aktivitas xilanase tertinggi sebesar 90,7 Unit/mL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:23
Last Modified: 23 Jun 2023 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44472

Actions (login required)

View Item View Item