Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Cerita Inspiratif Berbasis Discovery learning Bermuatan Karakter pada Siswa Kelas IX SMP/MTs

Susi, Fera Yuliar (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Cerita Inspiratif Berbasis Discovery learning Bermuatan Karakter pada Siswa Kelas IX SMP/MTs. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_FERA_YULIAR_SUSI_18174010_6484_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran menulis teks cerita inspiratif berbasis discovery learning bermuatan karakter pada siswa kelas IX SMP/MTs yang valid (dari aspek isi, penyajian, kebahasan dan kegrafikaan), praktis (dari aspek kemudahan dalam penggunaan, dan kesesuaian waktu) dan efektif (dari aspek aktivitas siswa dan hasil belajar). Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk memperoleh bahan ajar alternatif bagi siswa pada pembelajaran menulis teks cerita inspiratif. Siswa dapat menggunakan modul ini sebagai referensi dalam mempelajari materi menulis teks cerita inspiratif oleh siswa kelas IX SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (reseach and development), sedangkan model pengembangannya dengan menggunakan model 4-D. Dalam penelitian ini digunakan beberapa teori yakni, teks cerita inspiratif, modul pembelajaran, model discovery learning, karakter, dan model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D dengan urutan pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX. 6 SMP Negeri 17 Padang dengan jumlah siswa 32 orang. Data penelitian ini dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui pengisian angket validasi modul, angket praktikalitas modul dan lembar observasi aktivitas siswa. Data kuantitatif didapatkan dari hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis teks cerita inspiratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran menulis teks cerita inspiratif berbasis discovery learning bermuatan karakter pada siswa kelas IX SMP/MTs yang dihasilkan valid, praktis dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil validitas, praktikalitas dan efektivitas modul. Berdasarkan hasil validitas modul dari para pakar diperoleh nilai validitas modul sebesar 93% sehingga modul berkategori sangat valid. Praktikalitas modul diperoleh berdasarkan nilai praktikalitas dari guru sebesar 93,05 % dengan kategori sangat praktis dan praktikalitas modul dari siswa sebesar 86 % dengan kategori sangat praktis. Efektivitas modul berdasarkan hasil tes kinerja (keterampilan) siswa dengan ratarata nilai 88,38% dengan predikat A. Efektivitas modul berdasarkan pengetahuan siswa dengan rata-rata nilai 88,28 dengan predikat A. Efektivitas modul berdasarkan penilaian sikap diperoleh nilai sebesar 91,40 dengan predikat A sehingga berkategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorThahar, Haris EffendiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS, DISCOVERY LEARNING BERMUATAN KARAKTER
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:22
Last Modified: 23 Jun 2023 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44469

Actions (login required)

View Item View Item