Febriyanti, Feni
(2022)
Analisis Iklan Blibli Bcl Ft Boy William dalam Perspektif Eksploitasi Perempuan dan Norma Agama.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penonton tidak dapat melewati iklan untuk melanjutkan program acara yang sedang ditontonnya, sehingga ia tidak terlepas dari paparan iklan meskipun ia sendiri tidak menginginkannya Sehingga publik seolah tidak menyadari bahwa kesadaran yang mereka miliki dan rasakan merupakan suatu kesadaran khalayak yang dibentuk oleh media. Sayangnya masih banyak iklan yang mengabaikan norma-norma serta budaya, dan justru lebih mengutamakan kepentingan-kepentingan tertentu dalam membuat iklan. Dari sekian banyak iklan yang tayang pada tahun 2021 peniliti ingin mengamati iklan “Blibli BCL ft Boy William” dalam perspektif eksploitasi perempuan dan norma agama. Dengan menggunakan pendekatan semiotika John Fiske untuk menganalisis iklan Blibli BCL ft Boy William. Melalui metode penelitian kualitatif deskriptif dengan cara data primer dan sekunder meliputi literatur, jurnal, dan internet yang berkaitan dengan tema penulis kaji.
Dari sini kemudian dianalisis menggunakan dua kode-kode televisi yaitu: pertama, level realitas berupa penampilan, kostum, gesture, dan ekspresi. Kedua, level representasi berupa teknik pengambilan gambar. Setelah melakukan penelitian, penulis berkesimpulan bahwa dari 12 scene pada iklan Blibli BCL ft Boy William didapati setengah dari scene tersebut terjadinya pengeksploitasian perempuan. Dari sudut norma agama Islam dengan penampilan BCL yang terbuka akan menimbulkan hasrat bagi penonton laki-laki. Maka dari itu tidak dibenarkan bagi seorang muslim untuk menampakkan auratnya.
Actions (login required)
|
View Item |