Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika

Rini, Icha Puspita (2023) Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_05_ICHA_PUSPITA_RINI_17033133_539_2023_(30 Jan).pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika berdasarkan kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk dapat menguasai berbagai kompetensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika diperlukan sumber belajar yang mampu menunjang proses pembelajaran seperti bahan ajar. Penelitian mengenai penggunaan bahan ajar sudah banyak dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari penggunaan bahan ajar terhadap hasil belajar peserta didik baik dari aspek pengetahuan, aspek sikap maupun aspek keterampilan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui effect size dari pengaruh penggunaan bahan ajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiska. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian meta analisis. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan dan merangkum beberapa artikel dari tahun 2015-2021. Sampel yang digunakan terdiri dari 18 artikel nasional dan 2 artikel internasional. Artikel yang dipilih adalah artikel yang bisa diolah untuk dapat dihitung besar effect sizenya pada penggunaan bahan ajar yang kemudian dikelompokkan menjadi tiga indikator yaitu berdasarkan tingkatan kelas, materi pelajaran, dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis Inkuiri memberikan pengaruh yang berarti pada indikator tingkatan kelas X dengan summary effect size sebesar 0,60 dibandingkan tingkatan kelas XI, tetapi masih dikategorikan sedang untuk tiap-tiap tingkatan kelas. Selanjutnya penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri memberikan pengaruh yang berarti pada materi Gelombang dengan summary effect size sebesar 1,13 yang dikategorikan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar pada pembelajaran fisika memiliki efek yang baik terhadap hasil belajar peserta didik dari tiga indikator tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Meta analisis, bahan ajar, hasil belajar,inkuiri,pembelajaran fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Jun 2023 01:08
Last Modified: 22 Jun 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44462

Actions (login required)

View Item View Item