Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Tinggi bagi Anak Perempuan (Studi Kasus Jorong II Sungai Lolo, Nagari Muaro Sei Lolo, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman)

Tismini, Tismini (2023) Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Tinggi bagi Anak Perempuan (Studi Kasus Jorong II Sungai Lolo, Nagari Muaro Sei Lolo, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Tismini_18058127_223_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat fenomena rendahnya pendidikan bagi anak perempuan di Jorong II Sungai Lolo, Nagari Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Pasaman. Adanya persepsi orang tua yang memandang pendidikan tinggi tidak penting bagi anak perempuan, membuat minat anak perempuan untuk kuliah harus dibuang. Pendidikan bagi anak perempuan dinilai tidak penting karena berkaitan dengan kodrat perempuan yang bekerja dirumah sebagai ibu rumah tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab orang tua berpersepi bahwa pendidikan tinggi tidak penting bagi anak perempuan. Untuk menjelaskan permasalahan penelitian ini, teori yang digunakan yaitu teori Fenomologi oleh Alfred Schutz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan menggunakan cara purposive sampling dengan jumlah informan 15 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi non-partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil temuan menunjukkan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab orang tua berpersepi bahwa pendidikan tinggi tidak penting bagi anak perempuan. faktor tersebut yaitu pertama,pengalaman yang dimiliki oleh orang tua, kedua anggapan yang lumrah dalam masyarakat bahwa anak perempuan kodratnya dirumah, dan ketiga adanya perlakuan berbeda antara anak laki-laki dan perempuan dalam hal pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilawati, NoraUNSPECIFIED
CorrectorMardhiah, DesyUNSPECIFIED
CorrectorFernandes, RenoUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:44
Last Modified: 20 Jun 2023 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44398

Actions (login required)

View Item View Item