Zulfadhilah, Zulfadhilah
(2023)
Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia
(Studi Pemikiran Mahmud Yunus dan Azyumardi Azra).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek pokok dalam kehidupan manusia.
Hal ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan, dimulai dari manusia tersebut dalam
kandungan sampai kembali kepada sang pencipta. Melihat masih ada pendidikan
Islam yang tidak mencapai tujuannya dan berjalan dengan tidak mengikuti
perkembangan zaman. Oleh karena itu para tokoh pendidikan Islam segera
bertindak untuk menuntaskan hal tersebut. Mahmud Yunus merupakan tokoh
pendidikan Islam yang berusaha memperbaharui pendidikan Islam. Selain itu,
tokoh yang melakukan pembaruan lainnya yaitu Azyumardi Azra. Berdasarkan
hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan perbandingan dari pemikiran
dua orang tokoh tersebut, Peneliti akan melakukan perbandingan pemikiran
terkhusus dalam hal modernisasi tujuan, kurikulum dan lembaga pendidikan
dengan judul penelit ian yaitu “Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia ( Studi
Pemikiran Mahmud Yunus dan Azyumardi Azra )”
Jenis penelian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu kajian
kepustakaan (library research) yaitu proses mencari dan menyusun data yang
diperoleh dari berbagai literatur secara sistematis, baik berasal dari sumber primer
maupun sekunder.
Hasil penelitian tentang modernisasi pendidikan Islam yaitu : 1) Menurut
Mahmud Yunus adalah berusaha memadukan ilmu agama dan ilmu umum dalam
pendidikan Islam. 2) Azyumardi Azra berpendapat bahwa modernisasi pendidikan
Islam harus mengikuti perkembangan zaman yang ada. 3) Persamaan pemikiran
Mahmud Yunus dan Azyumardi Azra yaitu menginginkan perpaduan ilmu agama
dan ilmu umum serta harus menyesuaikan dengan tututan zaman yang semakin
maju. 4) Perbedaan pemikiran Mahmud Yunus dan Azyumardi Azra terletak pada
pengelompokan yang dibagi oleh masing-masing tokoh.
Actions (login required)
|
View Item |