Kategori, Struktur, dan Fungsi Sosial Pertanyaan Tradisional (Riddles) Masyarakat Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Yeni, Dila Rahma (2022) Kategori, Struktur, dan Fungsi Sosial Pertanyaan Tradisional (Riddles) Masyarakat Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_DILA_RAHMA_YENI_18017008_3261_2022.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kategori pertanyaan tradisional (riddles) yang terdapat di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, (2) Mendeskripsikan struktur pertanyaan tradisional (riddles) yang terdapat di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, (3) Mendeskripsikan fungsi sosial pertanyaan tradisional (riddles) yang terdapat di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian sastra khususnya berkaitan dengan folklor. Informan dari penelitian ini adalah 4 orang dengan data yang didapatkan berjumlah 51 data. Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data ada tiga yaitu, (1) menyusun pedoman wawancara untuk informan terkait dengan kategori, struktur, dan fungsi sosial pertanyaan tradisional, (2) melakukan wawancara untuk mengungkap data pertanyaan tradisional yang dimiliki masyarakat Nagari Manggopoh dengan cara merekam tuturan informan menggunakan ponsel oppo A3s (audio dan video), (3) Memindahkan data rekam menjadi data tulis (transkripsi). Setelah ditranskripsi, selanjutnya ditransliterasikan dari bahasa daerah Minangkabau Masyarakat Nagari Manggopoh ke dalam bahasa Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kategori pertanyaan tradisional (riddles) yang terdapat di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam terdapat 10 dari 11 kategori, yaitu persamaan dengan makhluk hidup terdapat 19 data, persamaan dengan binatang terdapat 2 data, persamaan dengan beberapa binatang terdapat 2 data, persamaan dengan manusia terdapat 2 data, persamaan dengan beberapa orang terdapat 2 data, persamaan dengan tanaman terdapat 4 data, persamaan dengan benda terdapat 15 data, pertambahan keterangan perumpamaan 1 data, pertambahan keterangan pada bentuk dan fungsi terdapat 3 data, dan pertambahan pada tindakan. (2) Struktur pertanyaan tradisional (riddles) yang terdapat di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam terdapat 2, yaitu struktur pertanyaan tradisional yang bertentangan dan struktur pertanyaan tradisional yang tidak bertentangan. (3) Fungsi sosial pertanyaan pertanyaan tradisional (riddles) yang terdapat di Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam terdapat 4, yaitu menguji kepandaian seseorang, media pendidikan, untuk dapat melebihi orang lain, dan sebagai sarana hiburan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulfadhli, ZulfadhliUNSPECIFIED
CorrectorHayati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Muhammad IsmailUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERTANYAAN TRADISIONAL
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:08
Last Modified: 20 Jun 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44390

Actions (login required)

View Item View Item