Upaya Meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi melalui Penerapam Strategi PBL Kelas XI IPS SMAN 1 Ulakan Tapakis

Zulvia, Reka (2023) Upaya Meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi melalui Penerapam Strategi PBL Kelas XI IPS SMAN 1 Ulakan Tapakis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Reka_Zulvia_18058155_1395_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar HOTS sosiologi. Rendahnya hasil HOTS siswa salah satunya di sebabkan oleh pemilihan startegi yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan HOTS siswa melalui strategi problem based learning atau PBL pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS SMAN 1 Ulakan Tapakis. Hasil penelitian ini sangat berguna sebagai referensi bagi guru dalam mempersiapakan siswa agar dapat melatih HOTS pada pembelajaran sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dikelas XI IPS 1 SMAN 1 Ulakan Tapakis, Padang pariaman yang lakukan secara langsung di kelas dengan jumlah siswa 31 orang. Pelaksanaan penelitian ini di lakukan pada semester Juli-Desember 2022. Dalam melihat peningkatan hasil belajar siswa mengunakan soal yang dilakukan di akhir siklus. Dalam melihat perkembangan hasil HOTS siswa dengan menggunakan rumus P=F/NX100. Target penelitian ini adalah mencapai katagori baik yaitu berada pada 61%-80%. Upaya meningkatakan HOTS siswa didasarkan pada teori belajar kontruktivisme Jean Piaget menjelaskan bahwa pengetahuan tumbuh dan berkembang melalui pengalaman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan HOTS pada setiap indikator HOTS yaitu dengan hasil pada indikator menganalisis (C4) terjadi peningkatan dari pratindakan 29,29% meningkat pada siklus I menjadi 41,61% dan meningkat pada siklus II menjadi 68,81%. Pada indikator mengevaluasi (C5) terjadi peningkatan dari pratindakan 35,93% meningkat pada siklus I menjadi 62,41% dan meningkat pada siklus II menjadi 74,65%. Pada indikator menciptakan (C6) terjadi peningkatan dari pratindakan 29,48% meningkat pada siklus I menjadi 48,41% dan meningkat pada siklus II menjadi 69,12%, dengan hasil keseluruhan berada pada katagori baik. Hal ini menunjukkan startegi PBL terbukti baik digunakan dalam meningkatkan kemampuan HOTS siswa dalam pembelajaran sosiologi. Hal ini dapat terlaksana karena dalam pembelajaran siswa diberikan kesempatan untuk memecahkan berbagai permasalahan nyata sesuai dengan topik yang dipelajari, sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan analisis secara individual maupun kolaboratif yang memicu berkembangnya kemampuan nalar kritis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJunaidi, JunaidiUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
CorrectorSyafrini, DelmiraUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:37
Last Modified: 19 Jun 2023 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44366

Actions (login required)

View Item View Item