Zulvia, Reka
(2023)
Upaya Meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills
(HOTS) Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi melalui Penerapam Strategi PBL
Kelas XI IPS SMAN 1 Ulakan Tapakis.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar HOTS sosiologi.
Rendahnya hasil HOTS siswa salah satunya di sebabkan oleh pemilihan startegi yang
kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan HOTS siswa melalui
strategi problem based learning atau PBL pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS
SMAN 1 Ulakan Tapakis. Hasil penelitian ini sangat berguna sebagai referensi bagi
guru dalam mempersiapakan siswa agar dapat melatih HOTS pada pembelajaran
sosiologi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan
sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dikelas XI IPS 1
SMAN 1 Ulakan Tapakis, Padang pariaman yang lakukan secara langsung di kelas
dengan jumlah siswa 31 orang. Pelaksanaan penelitian ini di lakukan pada semester
Juli-Desember 2022. Dalam melihat peningkatan hasil belajar siswa mengunakan soal
yang dilakukan di akhir siklus. Dalam melihat perkembangan hasil HOTS siswa
dengan menggunakan rumus P=F/NX100. Target penelitian ini adalah mencapai
katagori baik yaitu berada pada 61%-80%. Upaya meningkatakan HOTS siswa
didasarkan pada teori belajar kontruktivisme Jean Piaget menjelaskan bahwa
pengetahuan tumbuh dan berkembang melalui pengalaman.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan HOTS pada
setiap indikator HOTS yaitu dengan hasil pada indikator menganalisis (C4) terjadi
peningkatan dari pratindakan 29,29% meningkat pada siklus I menjadi 41,61% dan
meningkat pada siklus II menjadi 68,81%. Pada indikator mengevaluasi (C5) terjadi
peningkatan dari pratindakan 35,93% meningkat pada siklus I menjadi 62,41% dan
meningkat pada siklus II menjadi 74,65%. Pada indikator menciptakan (C6) terjadi
peningkatan dari pratindakan 29,48% meningkat pada siklus I menjadi 48,41% dan
meningkat pada siklus II menjadi 69,12%, dengan hasil keseluruhan berada pada
katagori baik. Hal ini menunjukkan startegi PBL terbukti baik digunakan dalam
meningkatkan kemampuan HOTS siswa dalam pembelajaran sosiologi. Hal ini dapat terlaksana karena dalam pembelajaran siswa diberikan kesempatan untuk
memecahkan berbagai permasalahan nyata sesuai dengan topik yang dipelajari,
sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan analisis secara
individual maupun kolaboratif yang memicu berkembangnya kemampuan nalar kritis
siswa.
Actions (login required)
|
View Item |