Kontrol Sosial Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Daring (Studi Kasus : Keluarga Petani di Jorong Sungaipuar, Kenagarian Sungaipuar, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam)

Putri, Resty Antika Putri (2023) Kontrol Sosial Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Daring (Studi Kasus : Keluarga Petani di Jorong Sungaipuar, Kenagarian Sungaipuar, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_RESTY_ANTIKA_PUTRI_16058118_900_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pembelajaran daring di Kenagarian Sungaipuar, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam yang memperlihatkan kurangnya kontrol orang tua terhadap anak mereka yang sedang melakukan pembelajaran daring. Disebabkan karena kesibukan orang tua yang berprofesi sebagai petani di luar rumah dimana pergi pada pagi hari dan kembali pada sore hari sehingga tidak memiliki waktu untuk mengontrol dan mengawasi anak di rumah. Kurangnya pemahaman orang tua terkait pembelajaran daring juga menjadi permasalahan bagi orang tua, dan permasalahan baru yang dihadapi oleh siswa itu sendiri disebabkan pembelajaran daring merupakan hal baru dimasyarakat. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Teori Kontrol Sosial oleh Traviss Hirchi, Teori ini mengembangkan empat fungsi untuk mengendalikan individu, keempat unsur utama teori kontrol sosial yaitu attachment atau kasih sayang, commitment atau tanggung jawab, involvement atau keterlibatan, believe atau kepercayaan. Keempat hal tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Dalam penelitian ini memfokuskan bagaimana bentuk kontrol yang lakukan oleh orang tua yang berprofesi sebagai petani terhadap anak mereka yang sedang melakukan pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan teknik pemilihan informan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 14 Orang yang terdiri dari orang tua dan anak pada keluarga petani. Hasil penelitian ini menemukan bahwa beberapa bentuk kontrol orang tua pada keluarga petani dalam mengontrol anak mereka yang sedang melakukan pembelajaran daring di Kenagarian Sungaipuar, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam adalah dengan melakukan beberapa upaya preventif yaitu memberikan perhatian, pengawasan, memberikan ancaman, serta pemberian reward untuk dapat mengontrol anak saat pembelajaran daring meskipun orang tua mereka tidak berada dirumah namun anak tetap sekses dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIkhwan, IkhwanUNSPECIFIED
CorrectorFitriani, ErdaUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Eka AsihUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:35
Last Modified: 19 Jun 2023 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44365

Actions (login required)

View Item View Item