Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi untuk Pemetaan Kesesuaian Lahan Permukiman di Kecamatan Enam Lingkung

Ramadhan, Rizki (2023) Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi untuk Pemetaan Kesesuaian Lahan Permukiman di Kecamatan Enam Lingkung. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_Rizki_Ramadhan_18331084_2580_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana kesesuaian lahan untuk permukiman di Kecamatan Enam Lingkung. (2) Bagaimana persebaran dan luas lahan untuk permukiman berdasarkan kelas kesesuaian lahan permukiman di Kecamatan Enam Lingkung?. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi. Metode yang digunakan dengan cara menggabungkan beberapa parameter yang terkait seperti kemiringan lereng, tekstur tanah, drainase, kerawanan banjir, batuan atau kerikil, dan kedalaman efektif tanah yang disebut dengan teknik overlay. Teknik overlay dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografi yaitu dengan cara pengharkatan (scoring) terhadap parameter lahan yang dianggap berpengaruh terhadap pemilihan lokasi permukiman dengan metode pengharkatan berjenjang tertimbang. Pemprosesan yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan perangkat lunak Arcgis 10.3.1 dengan data yang diolah yaitu citra Aster Gdem, Citra Landsat 8 OLI, dan peta digital dalam bentuk image dan vektor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Kemudian untuk teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan metode berjenjang tertimbang dan metode pembobotan atau skoring. Uji akurasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode short (confusion matrix) 1982 dan koefisien Kappa. Hasil pembuatan peta kesesuaian lahan permukiman Kecamatan Enam Lingkung yang dibagi menjadi 4 kelas. Kelas sangat sesuai memiliki faktor pembatas yang ringan sehingga potensi untuk dijadikan sebagai kawasan permukiman sangat tinggi. Kelas sangat sesuai paling dominan terdapat pada Desa Parit Malintang yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Padang Pariaman. bahwa wilayah yang sangat sesuai (S1) sebesar 397 ha sama dengan 8.93%, sesuai (S2) sebesar 2253 sama dengan 52.37%, sesuai marginal (S3) sebesar 1268 ha sama dengan 29.47%, dan tidak sesuai (N) sebesar 397 ha sama dengan 9.23%. Kecamatan Enam Lingkung memiliki kelas parameter yang baik untuk penentuan kawasan permukiman dan memiliki pembatas cukup ringan sehingga Kecamatan Enam Lingkung sesuai jika dikembangkan kawasan permukiman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAntomi, YudiUNSPECIFIED
CorrectorUmar, IswandiUNSPECIFIED
CorrectorSyahar, FitrianaUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:34
Last Modified: 19 Jun 2023 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44363

Actions (login required)

View Item View Item