Oktariani, Suci
(2023)
Analisis Terhadap Capaian Hasil Pembelajaran Aqidah
Akhlak Terhadap Akhlak Siswa Sehari-Hari (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTsN 12 Tanah
Datar).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) Untuk mengetahui proses dan capaian hasil
Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 12 Tanah Datar. (2) Untuk
mendeskripsikan Akhlak siswa sehari-hari di Madrasah Tsanawiyah Negeri 12 Tanah Datar. (3)
Untuk mengetahui capaian terhadap hasil pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap akhlak siswa
sehari-hari sudah sesuai dengan hasil yang diharapkan oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri 12
Tanah Datar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian hasil Pembelajaran Akidah Akhlak
terhadap akhlak siswa sehari-hari melalui indicator silabus dalam akidah akhlak. Penelitian ini
mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research tipe case
study research. Data yang diperoleh menggunakan Teknik observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi. Data analisis penelitian ini meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan capaian hasil Pembelajaran Akidah AKhlak di
Madrasah Tsanawiyah Negeri 12 Tanah Datar terhadap Akhlak Siswa sesuai dengan sub indicator
silabus mata pelajaran akidah akhlak dengan menggunakan kurikulum 2013 Revisi dalam
cangkupan capaian dalam bidang akademik, capaian dalam bidang aqidah dan capain dalam
bidang akhlak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah
Negeri 12 Tanah Datar tercermin dalam bentuk akhlak dan perilaku siswa yang menjadi tolak
ukuran capaian hasil pembelajaran tersebut. Capaian dari hasil pembelajaran akidah akhlak ini
menyangkut bagaimana akhlak siswa di lapangan. Di MTsN 12 Tanah Datar memakai kurikulum
2013 Revisi yang mana acuan dari setiap pembelajaran di sekolah terutama pada pembelajaran
akidah akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk
mempraktikkan al-akhlakkul karimah dan adab islami. 2) Akhlak siswa di MTsN 12 Tanah Datar
sudah baik sesusai dengan aturan yang ada di sekolah. Namun Sebagian kecil masih ada yang
belum sesuai dengan aturan di sekolah masih ada siswa yang belum menerapkan akhlak yang
benar dalam kesehariannya. 3) Capaian hasil Pembelajaran Akidah Akhlak sesuai dengan Akhlak
Siswa sehari-hari di Madrasah Tsanawiyah Negeri 12 Tanah Datar. Dari seluruh wawancara yang
peneliti lakukan di lapangan, observasi dan angket yang peneliti berikan kepada siswa dapat
disimpulkan bahwa capaian hasil pembelajaran akidah akhlak terhadap akhlak siswa sehari-hari
sudah sebagian besar tercapai capaian hasil pembelajaran berdasarkan sub indicator dan kurikulum
2013 Revisi terdapat akhlak siswa sehari-hari di Madrasah Tsanawiyah Negeri 12 Tanah Datar.
Sedangkan Sebagian kecil masih dalam tahap untuk melakukan perubahan akhlak siswa menjadi
lebih baik melalui Pembelajaran Akidah Akhlak dan Program pembinaan akhlak lainnya.
Actions (login required)
|
View Item |