Variasi Komposisi Komposit SiMn Menggunakan Polydimethylsiloxanes (PDMS) Termodifikasi terhadap Sifat Korosi Dan Sudut Kontak

Arianda, Yogi (2022) Variasi Komposisi Komposit SiMn Menggunakan Polydimethylsiloxanes (PDMS) Termodifikasi terhadap Sifat Korosi Dan Sudut Kontak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_YOGI_ARIANDA_18034065_1778_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan umum yang banyak dihadapi oleh industri maju saat ini adalah terjadinya korosi, korosi ini dapat mengakibatkan kerugian besar baik dari segi keamanan maupun ekonomi. Untuk meminimalkan akibat yang ditimbulkan dari korosi ini, digunakan salah satu metoda proteksi yaitu menggunaan pelapisan berbasis polimer menghasilkan permukaan substrat tersebut bersifat hidrofobik. Dalam penelitian ini metoda yang digunakan adalah spin coating, untuk substrat yang dipilih adalah substrat yang memiliki sifat anti korosi seperti mangan dan sifat keras serta kuat seperti silika. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh dari variasi komposisi komposit silika mangan (SiMn) yang diperkuat dengan polydimethylsiloxanes (PDMS) terhadap lapisan hidrofobik untuk ketahanan dari korosi dan sudut kontak, untuk perbandingan variasi komposisinya yaitu sebesar 40% : 60%, 50% : 50%, dan 60% : 40%. Jenis dari penelitian ini merupakan eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan alat HEM-3D (High Energy Milling Elips-3D Mention), XRD (XRay Difraction), SEM (Scanning Electron Microscope) dan FTIR (Fourier Taransformed Infrared). Lapisan dibuat dengan pencampuran komposisi polydimethylsiloxanes (PDMS) sebanyak 2,5 gram, serbuk silika dan mangan divariasikan dengan total keseluruhan 1 gram yaitu 0,4 gr : 0,6 gr, 0,5 gr : 0,5 gr, dan 0,6 gr : 0,4 gr. Pada pengujian sudut kontak digunakan kamera DSLR dan pengujian ketahanan korosi menggunakan asam sulfat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh dari variasi komposisi terhadap sudut kontak dan ketahanan korosi dari lapisan SiMn yang diperkuat dengan PDMS. Untuk sudut kontak tertinggi diperoleh pada variasi komposisi Si 0,6 gr : Mn 0.4 gr yaitu sebesar 120,6646° dan pada ketahanan korosi menggunakan metoda kehilangan berat (wheight loss) pada komposisi Si 0,4 gr : Mn 0,6 gr diperoleh lajur korosi terendah sebesar 1,57 cm/hr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorJonuarti, RiriUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 Jun 2023 00:36
Last Modified: 19 Jun 2023 00:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44360

Actions (login required)

View Item View Item