kspresi Gen Askorbat Perokisdase (APX) Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza sativa L.) Yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG”

Rahayu, Marissa (2023) kspresi Gen Askorbat Perokisdase (APX) Akar Beberapa Varietas Padi (Oryza sativa L.) Yang Mendapat Perlakuan Simulasi Kekeringan Menggunakan PEG”. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_04_MARISSA_RAHAYU_18032126_1273_2023_(14 Feb).pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Kekeringan merupakan salah satu faktor utama yang dapat menekan pertumbuhan tanaman padi (Oryza sativa L.), dengan mengakumulasi senyawa radikal bebas. Tanaman dapat membentuk beberapa mekanisme pertahanan terhadap cekaman kekeringan dengan cara produksi senyawa antioksidan. Salah satu antioksidan yang berperan penting adalah enzim askorbat peroksidase (APX). adanya cekaman kekeringan pada tahap pertumbuhan diduga mampu meningkatkan ekspresi gen APX. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekspresi gen APX pada akar beberapa varietas padi (Oryza sativa L.) Sumatera Barat yang mendapat perlakuan simulasi kekeringan menggunakan PEG. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan mulai bulan Mei 2022 hingga Agustus 2022 di Laboratorium Penelitian terpadu dan Laboratorium Genetika dan Bioteknologi, Departemen Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun secara faktorial dengan 2 faktor dan 2 kali ulangan. Faktor yang pertama adalah varietas padi yang digunakan dan faktor kedua adalah konsentrasi PEG 8000 yaitu konsentrasi 0% dan 20%.Ekspresi gen APX didapatkan dengan melakukan isolasi RNA, selanjutnya pembuatan cDNA kemudian tingkat ekspresi gen dapat diketaui dengan metode rtPCR.Primer di desain menggunakan software Geneious Prime.Tingkat ekspresi dinormalisasikan menggunakan Housekeeping gene (β-actin). Data dianalisis dengan ragam satu arah (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh pemberian PEG 8000 untuk simulasi cekaman kekeringan terhadap ekspresi gen Askorbat Peroksidase (APX) pada akar beberapa varietas padi (Oryza sativa L.) Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
CorrectorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Jun 2023 00:35
Last Modified: 19 Jun 2023 00:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44356

Actions (login required)

View Item View Item