Pengelompokkan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Dampak Bencana Tanah Longsor Tahun 2012-2021 Menggunakan Metode Self Organizing MAPS

Risky, Suwanda (2022) Pengelompokkan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Dampak Bencana Tanah Longsor Tahun 2012-2021 Menggunakan Metode Self Organizing MAPS. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_SUWANDA_RISKY_18337009_8164_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam. Indonesia menjadi negara yang rawan bencana alam dikarenakan keadaan iklim, tanah, hidrologi, geologi, dan geomorfologinya khususnya bencana tanah longsor. Hal ini diperburuk oleh kegiatan manusia yang telah banyak merusak alam, sehingga bencana tanah longsor sering terjadi di Indonesia. Peristiwa bencana tanah longsor memiliki dampak yang sangat merugikan masyarakat. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengelompokkan dan profilisasi agar dapat diketahui provinsi yang memiliki dampak bencana tanah longsor terbesar agar pemerintah dapat fokus dalam menekan angka dampak bencana tanah longsor. Analisis klaster yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Self Organizing Maps (SOM). Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang dimulai dengan mempelajari teori - teori yang relevan dengan permasalahan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia. Tujuan penelitian yaitu untuk mengelompokan provinsi berdasarkan dampak bencana tanah longsor tahun 2012-2021 menggunakan metode SOM Untuk pemilihan jumlah klaster terbaik menggunakan nilai optimal dari metode validasi klaster internal, yaitu Tndeks Dunn, Silhouette, dan Connectivity. Hasil klaster yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan metode SOM adalah sebanyak 3 klaster. Pada klaster I memiliki rata-rata dampak bencana tanah longsor yang relatif rendah. Pada klaster 2 memiliki dampak terbesar pada korban meninggal, terluka, rumah rusak, dan fasilitas umum rusak. Pada klaster 3 memiliki dampak terbesar pada korban terluka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorFitria, DinaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:05
Last Modified: 13 Jun 2023 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44278

Actions (login required)

View Item View Item