Pengelompokkan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Faktor­ Faktor Penyebab Kemiskinan Menggunakan Analisis Hierarchical Agglomerative Clustering

Fikri, Afdalul (2022) Pengelompokkan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Faktor­ Faktor Penyebab Kemiskinan Menggunakan Analisis Hierarchical Agglomerative Clustering. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_AFDALUL_FIKRI_19037005_5870_2022.pdf.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan adalah suatu keadaan yang menyangkut ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan hidup yang paling minimum, khususnya dari aspek konsumsi dan pendapatan. Kemiskinan merupakan masalah yang tengah dihadapi oleh negara­negara berkembang, salah satunya yaitu Indonesia. Walaupun program­program yang dilaksanakan oleh pemerintah telah memberikan perhatian besar terhadap masalah kemiskinan, tetapi masalah kemiskinan sampai saat ini belum terselesaikan. Dalam menentukan program untuk mengatasi permasalahan kemiskinan, perlu diperhatikan faktor­faktor yang menjadi penyebab masalah kemiskinan ini belum terselesaikan. Untuk itu perlu dilakukan pengelompokkan Provinsi yang ada di Indonesia berdasarkan karakteristik yang homogen. Analisis yang dapat digunakan untuk mengelompokkan Provinsi yang ada di Indonesia adalah analisis Hierarchical Agglomerative Clustering. Jenis penelitian ini adalah penelitian multivariat kuantitatif. Yang mana penelitian ini termasuk kedalam analisis multivariat independensi, yaitu dimana tidak ada pembedaan antara variabel bebas (independent variable) dan variabel terikat (dependent variable). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder, yang didapatkan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia Dalam Angka Tahun 2021. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu indeks pembangunan manusia (Xl), tingkat pengangguran terbuka (X2), rata­rata lama sekolah (X3), pengeluaran terbuka (X4) dan angka melek huruf (XS). Analisis cluster hierarki dengan metode average linkage telah digunakan untuk melakukan pengelompokkan dan diperoleh hasil bahwa terdapat 4 cluster berdasarkan faktor­faktor penyebab kemiskinan. Cluster 1 dengan kategori tingkat pengangguran terbuka (X2), cluster 2 dengan kategori indek pembangunan manusia (Xl) dan tingkat pengangguran terbuka (X2), cluster 3 dengan kategori indeks pembangunan manusia (Xl), tingkat pengangguran terbuka (X3) dan pengeluaran perkapita (X4), cluster 4 dengan kategori semua faktor yang menjadi penyebab kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Atus AmaliUNSPECIFIED
CorrectorFitria, DinaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:28
Last Modified: 13 Jun 2023 03:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44274

Actions (login required)

View Item View Item