Klasifikasi Penyakit Hipertensi Pasien Puskesmas X Koto I Kabupaten Tanah Datar Menggunakan Metode Decision Tree Algoritma C4.5

Dyfa, Abid Makarim (2022) Klasifikasi Penyakit Hipertensi Pasien Puskesmas X Koto I Kabupaten Tanah Datar Menggunakan Metode Decision Tree Algoritma C4.5. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_ABID_MAKARIM_DYFA_19037002_6276_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah pada pembuluh darah mengalir melebihi batas normal. Hipertensi adalah salah satu penyakit tidak menular yang merupakan silent killer atau pembunuh diam-diam, dikarenakan umumnya penderita hipertensi tidak menyadari sedang mengidap hipertensi. Berdasarkan Riskesdas provinsi Suma tern Barnt 2018, prevalensi penderita hipertensi di Sumatera Barat sebesar 25, 1 %. Untuk prevalensi penderita hipertensi di Kabupaten Tanah datar usia 18 tahun ke atas sebesar 31,57%, yang mana angka ini melebihi angka prevalensi hipertensi Provinsi Sumatera Barnt. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Datar (2018), penyakit hipertensi menjadi salah satu penyebab kematian pada ibu hamil di tahun 2018. Hal yang mesti dilakukan adalah mengetahui ciri-ciri penderita hipertensi berdasarkan faktor penyebabnya. Penelitian ini merupakan penelitian terapan, yaitu penelitian yang dilakukan berdasarkan kenyataan, penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan dasar dalam kehidupan nyata. Data yang digunakan pada penelitian yaitu data sekunder. Data yang dipakai adalah rekapitulasi data diagnosa penyakit hipertensi berdasarkan penyebab hipertensi dari pasien hipertensi Puskesmas X Koto I Kabupaten Tanah Datar. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah Usia (Xl), Jenis Kelamin (X2), Riwayat Keluarga penderita hipertensi (X3), Konsumsi Rokok (X4), Indeks Massa Tubuh (X5), dan Diagnosa hipertensi (Y). Langkah yang dilakukan yaitu memisah data latih dan data uji sebanyak 75% dan 25%. Pembentukan model po hon keputusan dengan nilai entropy dan information gain. Uji validasi model dengan confusion matrix. Hasil penelitian didapat bahwa atribut usia yang menjadi penciri utama. Semua atribut yang dipakai terbukti mempengaruhi variabel target. Didapat nilai akurasi sebesar 0. 71, artinya kualitas klasifikasi yang dilakukan berada pada tingkat "sedang".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorAmalita, NonongUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:27
Last Modified: 13 Jun 2023 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44269

Actions (login required)

View Item View Item