Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM Pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X SMA/MA.

Yulanda, Getri (2023) Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM Pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_GETRI_YULANDA_18031137_1003_2023_(8 Feb).pdf

Download (930kB) | Preview

Abstract

Salah satu pembelajaran yang menjawab kebutuhan peserta didik pada abad ke-21 yaitu pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). Bentuk pengintegrasian pendekatan STEM dalam pembelajaran bisa dilakukan melalui sumber belajar seperti LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Terintegrasi STEM Pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Karena keterbatasan waktu dan dana, maka peneliti membatasi penelitian hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian adalah dua orang dosen Biologi FMIPA UNP, satu orang guru Biologi SMAN 2 Sungai Limau dan 30 orang peserta didik Kelas X IPA 2 SMAN 2 Sungai Limau. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan pada tahap analyze, sedangkan untuk analisis kuantitatif dilakukan pada tahap development, untuk data validitas oleh dua dosen Biologi FMIPA UNP dan satu guru Biologi SMAN 2 Sungai Limau dan praktikalitas oleh satu guru Biologi SMAN 2 Sungai Limau dan 30 peserta didik. Berdasarkan hasil uji validitas oleh validator, pada tahap define (pendefinisian) ada beberapa tahapan: analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, analisis tujuan pembelajaran. Persentase penilaian LKPD terintegrasi STEM 88,76% kriteria (valid), hasil rata-rata uji praktikalitas 95,84% oleh guru kriteria (sangat praktis) dan 90,36% oleh peserta didik dengan rata-rata keseluruhan 93,1% kriteria (sangat praktis), sehingga LKPD yang telah di kembangkan telah memenuhi kriteria dan dapat digunakan peserta didik dalam pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorAtifah, YusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, STEM, Keanekaragaman Hayati
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:02
Last Modified: 13 Jun 2023 04:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44267

Actions (login required)

View Item View Item