Optimasi Konsentrasi Kitosan pada Pembuatan Edible Film dari Pati Bengkuang (Pachyrhizus Erosus) dengan Polietilen Glikol (PEG) Sebagai Plasticizer

Hidayah, Nurul (2022) Optimasi Konsentrasi Kitosan pada Pembuatan Edible Film dari Pati Bengkuang (Pachyrhizus Erosus) dengan Polietilen Glikol (PEG) Sebagai Plasticizer. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_NURUL_HIDAYAH_18036078_5884_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Edible film adalah lapisan tipis (film forming) yang terbuat dari bahan alam yang ramah lingkungan yang digunakan untuk sebagai pelindung pada produk makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi optimum penambahan kitosan pada edible film yang berbahan dasar pati bengkuang (Pachyrhizus erosus) terhadap sifat fisik, mekanik, biodegradasi dan struktur edible film, serta membandingkan sifat mekanik edible film dengan Japanese Industrial Standart (JIZ). Pada penelitian ini menggunakan plasticizer polietilen glikol, variasi massa pati bengkuang (3 gram, 4 gram, 5 gram, 6 gram dan 7 gram) dan variasi penambahan konsentrasi kitosan (0%, 0.5%, I%, 1.5%, 2%). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh pada variasi penambahan massa di peroleh kondisi optimum sifat mekanik pada massa 5 gram. Variasi penambahan kitosan didapatkan nilai Ketebalan, uji kandungan air (water contact) dan uji pengembungan (Swelling test) bertambah dengan seiring penambahan konsentrasi kitosan. Nilai Kuat tarik optimum pada penambahan kitosan 1 % sebesar 7,091 Mpa, elongitas maksimum pada penambahan kitosan 2% sebesar 2,3% dan elastisitas optimum pada penambahan kitosan 1 % sebesar 862 Mpa. Biodegradasi edible film semakin menurun seiring penambahan kitosan. Analisa gugus fungsi menggunakan FTIR tanpa penambahan kitosan dan dengan penambahan kitosan menunjukkan perbedaan pada puncak N-H pada bilangan gelombang 1650 1580 cm'. Analisa XRD menunjukkan bahwa edible film yang dengan penambahan konsentrasi kitosan dihasilkan bersifat semikristalin. Ketebalan, kuat tarik dan elastisitas yang diperoleh telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Japanese Industrial Standart (JIS) tetapi nilai elongasi tidak memenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AnandaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:44
Last Modified: 13 Jun 2023 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44254

Actions (login required)

View Item View Item