Pengaruh Penambahan Karagenan Terhadap Karakteristik Edible Film Dari Biji Alpuka t (Persea americana mill) Menggunakan Polietilen Glikol (PEG) Sebagai Plasticizer

Muthi' aturrahmah, Muthi' aturrahmah (2022) Pengaruh Penambahan Karagenan Terhadap Karakteristik Edible Film Dari Biji Alpuka t (Persea americana mill) Menggunakan Polietilen Glikol (PEG) Sebagai Plasticizer. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_MUTHIATURRAHMAH_18036134_6216_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Edible film adalah plastik tipis dengan ketebalan kurang dari 0,3 mm yang digunakan untuk melindungi produk makanan. Edible film dapat terbuat dari bahan yang bersifat hidrokoloid seperti pati. Tujuan penelitian ini yaitu isolasi dan karakterisasi pati dari biji alpukat (Persea americana mill), menentukan pengaruh penambahan karagenan terhadap sifat mekanik, biodegradasi serta karakterisasi struktur edible film dengan penambahankaragenan optimum dari pati biji alpukat (Persea americana mill). Penelitian ini menggunakan karagenan dengan variasi konsentrasi 0%, 0,5%, 1 %, 1.5%, dan 2%. Edible film yang dihasilkan diuji ketebalan, kuat tarik (Tensile Strenght), elongasi, elastisitas (Modulus Young), uji biodegradasi, analisa gugus fungsi (FTIR), dan analisa kristalinitas (XRD). Dari penelitian yang dilakukan didapatkan basil bahwa pati biji alpukat (Persea americana mill) mengandung amilum dan memiliki gugus fungsi yang sama dengan standar pati (amilum) sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembuat edible film. Penambahan karagenan mempengaruhi ketebalan, kuat tarik, elongasi, elastisitas dan biodegradasi edible film, dengan meningkatnya konsentrasi karagenan nilai ketebalan, kuat tarik dan elastisitas meningkat, sedangkan nilai elongasi menurun dan persen kehilangan massa semakin kecil. Karakterisasi struktur menggunakan FTIR dengan penambahan karagenan tidak terbentuknya gugus fungsi barn dan penentuan persen kristalinitas menggunakan XRD didapatkan persen kristalinitas ediblefilm meningkat pada penambahan karagenan optimum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorAmelia, FitriUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:29
Last Modified: 13 Jun 2023 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44251

Actions (login required)

View Item View Item