Analisis Miskonsepsi, Materi Penghambat, dan Hasil Belaj ar Siswa Serta Kaitannya Dengan Keterlaksanaan Pendekatan Saintifik Pada Materi Ikatan Kimia

Anshori, Aslamiah Al (2022) Analisis Miskonsepsi, Materi Penghambat, dan Hasil Belaj ar Siswa Serta Kaitannya Dengan Keterlaksanaan Pendekatan Saintifik Pada Materi Ikatan Kimia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_ASLAMIAH_AL_ANSHORI_18035027_5839_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik perlu diterapkan dalam pembelajaran di kurikulum 2013. Berdasarkan angket, sebanyak 53,84% dari 13 guru kimia di Sumatera Barat mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran akibat alokasi waktu yang terbatas sehingga pendekatan saintifik tidak terlaksana 100% dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar, miskonsepsi, dan materi penghambat serta kaitan keterlaksanaan pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Penelitian deskriptif ini menggunakan Mixed Method dengan desain Convergen Mixed Parallel design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 1 Lubuk Sikaping dan SMAN 2 Lubuk Sikaping. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling Instrumen yang digunakan yaitu instrumen analisis dokumen, lembar observasi, dan Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) ikatan kimia. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis Miles dan Huberman, uji normalitas, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa <4%. Sebanyak 61 bentuk miskonsepsi ditemukan pada jawaban siswa SMAN 1 Lubuk Sikaping dan 20 bentuk miskonsepsi pada SMAN 2 Lubuk Sikaping. Materi penghambat bagi mayoritas siswa yaitu kestabilan atom untuk ikatan kimia, struktur lewis untuk gaya antar molekul, serta penentuan PEI dan PEB untuk bentuk molekul. Kedua sekolah belum melaksanakan pendekatan saintifik dengan benar. Analisis di SMAN 1 Lubuk Sikaping ditemukan adanya korelasi positif antara keterlaksanaan pendekatan saintifik dengan hasil belajar siswa pada a= 0.05 dengan harga koefisien korelasinya 0.617. Artinya, rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh keterlaksanaan pendekatan saintifik. Sedangkan di SMAN 2 Lubuk Sikaping tidak ada korelasi dengan harga koefisien korelasinya -0.089.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriza, ZandilaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:22
Last Modified: 12 Jun 2023 04:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44234

Actions (login required)

View Item View Item