Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process pada Penetapan Strategi Promosi Usaha Kecil Menengah (UKM): Studi Kasus:Produk Kecantikan Khaibeauty

Dara, Wulan (2023) Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process pada Penetapan Strategi Promosi Usaha Kecil Menengah (UKM): Studi Kasus:Produk Kecantikan Khaibeauty. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_02_WULAN_DARA_17030033_343_2023_(17 Jan).pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Setiap usaha yang dijalankan penting untuk dapat menerapkan strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Salah satu strategi yang penting bagi pelaku usaha adalah strategi promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bobot prioritas pada strategi promosi UKM Khaibeauty dengan menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarch Process (FAHP). Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan UKM Khaibeauty yang berjumlah 10 orang. Dalam penelitian ini jumlah sampel ditentukan menggunakan teknik purpose sampling. Purposive Sampling ini dimaksudkan untuk menentukan informasi-informasi yang memang mewakili sejumlah informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Sampel penelitian berjumlah 5 orang yang terdiri dari pemilik dan 4 orang karyawan pada bidang Marketing support. Hasil penelitian ini berupa bobot dari kriteria utama dan subkriteria strategi promosi pada UKM Khaibeauty. Alternatif yang memiliki bobot paling besar adalah subkriteria harga pada kriteria produk dengan nilai (0,31), selanjutnya diikuti dengan subkriteria harga pada kriteria pesaing dengan nilai (0,26), subkriteria promosi pada kriteria pesaing dengan nilai (0,24), hingga pada subkriteria yang memiliki bobot global terendah yaitu subkriteria hubungan baik pada kriteria distribusi dengan nilai (0,10).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, DefriUNSPECIFIED
CorrectorSubhan, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process (AHP), Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP), Promosi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:16
Last Modified: 12 Jun 2023 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44233

Actions (login required)

View Item View Item