Dara, Wulan
(2023)
Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process pada Penetapan Strategi Promosi Usaha Kecil Menengah (UKM): Studi Kasus:Produk Kecantikan Khaibeauty.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Setiap usaha yang dijalankan penting untuk dapat menerapkan strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Salah satu strategi yang penting bagi pelaku usaha adalah strategi promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan menganalisis bobot prioritas pada strategi promosi UKM Khaibeauty dengan menggunakan metode Fuzzy Analytical Hierarch Process (FAHP). Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan UKM Khaibeauty yang berjumlah 10 orang. Dalam penelitian ini jumlah sampel ditentukan menggunakan teknik purpose sampling. Purposive Sampling ini dimaksudkan untuk menentukan informasi-informasi yang memang mewakili sejumlah informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Sampel penelitian berjumlah 5
orang yang terdiri dari pemilik dan 4 orang karyawan pada bidang Marketing support. Hasil penelitian ini berupa bobot dari kriteria utama dan subkriteria strategi promosi pada UKM Khaibeauty. Alternatif yang memiliki bobot paling besar adalah
subkriteria harga pada kriteria produk dengan nilai (0,31), selanjutnya diikuti dengan subkriteria harga pada kriteria pesaing dengan nilai (0,26), subkriteria promosi pada kriteria pesaing dengan nilai (0,24), hingga pada subkriteria yang memiliki bobot global terendah yaitu subkriteria hubungan baik pada kriteria distribusi dengan nilai (0,10).
Actions (login required)
|
View Item |