Penentuan Cadangan Premi Asuransi Jiwa Dwiguna dengan Metode Zillmer dan Metode Illinois pada Kasus Joint Lif

Sadli, Wanda Hamidah (2023) Penentuan Cadangan Premi Asuransi Jiwa Dwiguna dengan Metode Zillmer dan Metode Illinois pada Kasus Joint Lif. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_02_WANDA_HAMIDAH_18030141_2024_2023_(3 Maret).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Asuransi jiwa dwiguna merupakan asuransi yang memberikan manfaat sekaligus menjadi tabungan. Berdasarkan jumlah tertanggungnya asuransi jiwa dibedakan menjadi asuransi jiwa perorangan dan gabungan. Untuk mendapatkan sebuah manfaat seorang pemegang polis berkewajiban membayarkan sejumlah uang yang disebut dengan premi. Premi tersebut akan diolah perusahaan menjadi cadangan premi yang apabila terjadi klaim perusahaan dapat membayarnya dan tidak mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besarnya cadangan premi yang diperoleh dengan metode zillmer dan metode illinois yang merupakan perluasan dari cadangan prospektif.. Perhitungan nilai cadangan menggunakan metode illinois dan metode zillmer menghasilkan nilai cadangan yang berbeda karena pada metode illinois terdapat batasan 20 tahun pembayaran, sedangkan pada metode zillmer terdapat rate zillmer yang merupakan patokan dasar pada metode zillmer untuk mengukur biaya loading pada perusahaan asuransi dan waktu zillmer. Besar cadangan dari kedua metode tersebut akan terus bertambah hingga pada akhir jangka waktu pertanggungan dan besar nilai cadangan akan sama dengan besar dari manfaat habis kontrak yang telah disepakati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Devni PrimaUNSPECIFIED
CorrectorArnellis, ArnellisUNSPECIFIED
CorrectorMurni, DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Asuransi jiwa dwiguna, Joint Life, Cadangan Premi, Cadangan Prospektif, Metode Zillmer, Metode Illinois
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:16
Last Modified: 12 Jun 2023 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44232

Actions (login required)

View Item View Item