Analisis Multidimensional Scaling pada Pemetaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Fasilitas Kesehatan

Marwiyah, Leli (2023) Analisis Multidimensional Scaling pada Pemetaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Fasilitas Kesehatan. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_02_LELI_MARWIYAH_18030035_1108_2023_(10 Feb).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesehatan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan, karena jika manusianya sehat maka semua kegiatan bisa terlaksana dengan lancar. Upaya kesehatan bisa diwujudkan dalam suatu wadah pelayanan kesehatan atau fasilitas kesehatan. Pelayanan kesehatan belum terlaksana secara merata, sistematis, dan berkelanjutan karena jumlah fasilitas kesehatan yang belum mencukupi seluruh kebutuhan masyarakat dan penyebarannya yang belum merata. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang bertujuan untuk melihat bagaimana pemetaan/pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan fasilitas kesehatan dengan menggunakan metode multidimensional scaling Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Data yang digunakan adalah data fasilitas kesehatan kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat tahun 2021. Variabel yang digunakan adalah jumlah rumah sakit,jumlah rumah sakit bersalin, jumlah klinik, jumlah puskesmas, jumlah puskesmas pembantu, jumlah rumah sakit khusus, jumlah rumah bersalin, jumlah Poskesdes. Hasil pemetaan kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan fasilitas kesehatan menggunakan analisis multidimensional scaling didapatkan 5 kelompok Kabupaten/Kota yang memiliki kemiripan jumlah fasilitas kesehatannya yaitu Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Lima Puluh Kota (kelompok 1); Kabupaten Solok, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman (kelompok 2); Kabupaten Solok Selatan, Kota Sijunjung, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Dharmasraya (kelompok 3); Kota Sawahlunto dan Kota Padang Panjang (kelompok 4); Kota Payakumbuh, Kota Solok, Kota Bukittinggi, Kota Pariaman (kelompok 5). Penelitian mendapatkan nilai STRESS sebesar 0,054 yang artinya hasil peta persepsi yang dihasilkan berkriteria baik dan Rsquare sebesar 0,99 yang berarti peta persepsi tersebut dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurni, DewiUNSPECIFIED
CorrectorHelma, HelmaUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Multidimensional Scaling, Fasilitas Kesehatan, Euclidean
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:16
Last Modified: 12 Jun 2023 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44229

Actions (login required)

View Item View Item