Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman

Zurainida, Zurainida (2023) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_ZURAINIDA_16029147_60_2023_3 Jan).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto yang besifat kausalitas. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian sebanyak 50 orang peserta didik dari kelas VII.4 dan VII.6 yang dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket motivasi belajar dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa motivasi belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman memperoleh rata-rata nilai sebesar 70,29. sedangkan hasil rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematis adalah sebesar 50,88. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dapat dilihat dari besar yaitu . Motivasi belajar berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep yaitu sebesar 53,6%, sedangkan sisanya sebesar 46,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ex-post Facto, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, .Motivasi Belajar, Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:32
Last Modified: 12 Jun 2023 03:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44228

Actions (login required)

View Item View Item