Pengaruh Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTsN 4 Padang

Firdau, Umil Hanivi (2023) Pengaruh Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTsN 4 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_UMIL_ HANIVI_FIRDAUS_18029052_778_2023_(3 Feb).pdf

Download (939kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah salah satu tolak ukur yang digunakan pendidik untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses belajar mengajar yang diberikan kepada peserta didik. Berdasarkan data dan observasi yang dilakukan, permasalahan yang ditemukan di kelas VIII MTsN 4 Padang adalah hasil belajar matematika peserta didik yang masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah model pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Maka salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peseta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (quasy ezperiment) dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 4 Padang dengan kelas VIII.8 dan VIII.6 sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes akhi hasil belajar matematika peserta didik yang berupa uraian. Berdasarkan analisis data, didapat nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 60,05 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 42,72. Hasil uji hipotesis dengan uji-t, diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:26
Last Modified: 12 Jun 2023 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44227

Actions (login required)

View Item View Item