Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Sijunjung

Desrika, Uci (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Sijunjung. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_UCI_DESRIKA_18029046_255_2023_(13 Jan).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran matematika, karena dapat mengukur penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran. Namun di kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Sijunjung hasil belajar matematika masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi-eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Non-equivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA SMAN 2 Sijunjung. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yaitu menggunakan sistem undian. Dari hasil pengundian, terambil kelas XII MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan nilai tes hasil belajar matematika, kemudian data nilai tes hasil belajar matematika dianalisis menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Kesamaan Rata-rata. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Langsung, Tipe Think Talk Write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:22
Last Modified: 12 Jun 2023 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44224

Actions (login required)

View Item View Item