Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbantuan Geogebra Classroom pada Materi Translasi dan Refleksi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Wulandari, Siska (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbantuan Geogebra Classroom pada Materi Translasi dan Refleksi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_SISKA_WULANDARI_18029169_2953_2023_(14 Apr).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang diharapkan dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan diketahui bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi translasi dan refleksi masih rendah. Rendahnya pemahaman konsep matematis peserta disebabkan karena peserta didik mengalami berbagai kesulitan dalam memahami konsep dan perbedaan dalam penyelesaian dan mengidentifikasi translasi dan refleksi, kesulitan dalam memvisualisasikan objek hasil transformasi, dan kurang adanya bahan ajar yang melibatkan peserta didik secara langsung dalam menemukan dan memahami konsep dari materi yang dipelajari. Oleh sebab itu, dikembangkan LKPD berbantuan geogebra classroom pada materi translasi dan refleksi yang diharapkan dapat optimal membantu pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahap yaitu investigasi awal (preliminary research), tahapan pembuatan prototipe (prototyping stage) dan tahap penilaian (assessment phase). Pada tahap investigasi awal (preliminary research) dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Tujuan dari investigasi awal ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai LKPD yang akan dikembangkan. Pada tahap prototyping stage dilakukan pengembangan/perancangan LKPD, selanjutnya dilakukan evaluasi formatif yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Pada tahap assessment phase dilakukan uji lapangan (field test). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa LKPD berbatuan Geogebra Classroom pada materi Translasi dan Refleksi dihasilkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif. Valid dari aspek penyajian, isi, kebahasaan, kegrafikan, dan geogebra. Praktis dilihat dari aspek penyajian, kemudahan penggunaan, keterbacaan, dan efisiensi waktu. Efektif dilihat dari perbandingan hasil pre-test dan post-test yang menunjukkan peningkatan serta ratarata hasil post-test, sehingga dapat dikatakan bahwa LKPD berdampak terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, geogebra classroom, pemahaman konsep matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:13
Last Modified: 12 Jun 2023 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44221

Actions (login required)

View Item View Item