Fabrikasi Edible Film Dari Pati Biji Durian (Durio zibenthinus murr) Sebagai Plastik Biodegradable Dengan Variasi Penambahan Kitosan

Fijri, Annisa Nurul (2022) Fabrikasi Edible Film Dari Pati Biji Durian (Durio zibenthinus murr) Sebagai Plastik Biodegradable Dengan Variasi Penambahan Kitosan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_ANNISA_NURUL_FIJRI_18036079_5916_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Edible film merupakan plastik biodegradable berupa lapisan tipis yang dapat terurai dengan bantuan mikroorganisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan kitosan pada fabrikasi edible film dari pati biji durian (Durio zibenthinus murr) sebagai plastik biodegradable terhadap sifat mekanik, biodegradasi, dan struktur edible film. Penelitian ini akan menganalisis ketebalan, kuat tarik (tensile strenght), elongasi, elastisitas, uji biodegradasi, serta karakterisasi menggunakan FTIR, XRD dan TGA. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan kitosan pada konsentrasi 0%, 0,5%, I%, 1,5%, dan 2%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data bahwa penambahan kitosan mempengaruhi ketebalan, kuat tarik, elastisitas dan biodegradasi edible film. Kuat tarik optimum didapatkan pada penambahan kitosan 1 % yaitu sebesar 1,414 Mpa. Elastisitas optimum didapatkan pada edible film dengan penambahan kitosan 1 % yaitu 436,2 Mpa. Nilai minimum elongasi yaitu 0,25% didapatkan pada penambahan kitosan 1 %. Biodegradasi akan mengalami penurunan persen kehilangan massa seiring bertambahnya konsentrasi kitosan. Spektra FTIR edible film tanpa penambahan kitosan dan dengan penambahan kitosan memiliki gugus fungsi yang hampir sama, karena tidak menunjukkan adanya perubahan kimia dengan terbentuknya gugus fungsi barn. Analisa menggunakan XRD menunjukkan bahwa edible film bersifat semikristalin yang menandakan bahwa edible film dapat terurai oleh mikroorganisme. Stabilitas termal edible film didapatkan pada suhu 150 - 200 °C. Ketebalan dan sifat mekanik edible film yang diperoleh pada penelitian ini telah memenuhi Japanese Industrial Standar (JIS) edible film.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorSari, Trisna KumalaUNSPECIFIED
CorrectorBeri, DeskiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:04
Last Modified: 12 Jun 2023 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44218

Actions (login required)

View Item View Item