Nilai-nilai Moral dalam Novel Samsara Karya Zara Zettira dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel Siswa Kelas XII SMA

Mahfuzoh. R., Dara (2022) Nilai-nilai Moral dalam Novel Samsara Karya Zara Zettira dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel Siswa Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_DARA_MAHFUZOH_R_18016055_3291_2022.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat di dalam novel Samsara karya Zara Zettira. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Samsara Karya Zara Zettira yang diterbitkan oleh Esensi Erlangga Group tahun 2009. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara sebagai berikut. Pertama, membaca dan memahami novel Samsara karya Zara Zettira guna memahami dan menguasai isi dari novel tersebut. Kedua, melakukan studi kepustakaan berkaitan dengan masalah penelitian guna memahami dan menguasai permasalahan yang akan dibahas Ketiga, mengidentifikasi serta mencatat data yang ditemukan dalam novel Samsara karya Zara Zettira untuk pemasalahan yang akan dibahas. Pada temuan penelitian ini dipaparkan tiga nilainilai moral yang terdapat dalam novel Samsara karya Zara Zettira, antara lain. Pertama, nilai moral yang menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan. Dalam kategori ini terdapat dua nilai pendidikan moral yaitu kepercayaan terhadap Tuhan dan bersyukur. Kedua, nilai moral yang menyangkut hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Dalam kategori ini terdapat empat nilai pendidikan moral yaitu kejujuran, mandiri, sabar, dan teguh pada pendirian. Ketiga, nilai moral yang menyangkut hubungan manusia dengan sesama. Dalam kategori ini ditemukan empat nilai pendidikan moral yaitu, toleransi, kepedulian sosial. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ditemukan tiga wujud nilai moral dalam novel Samsara karya Zara Zettira. Ketiga wujud nilai moral tersebut adalah wujud nilai moral dalam hubungan manusia dengan Tuhannya, wujud nilai moral dalam hubungan manusia dengan dirinya sendiri, dan wujud nilai moral dalam hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
CorrectorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErnawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI MORAL, NOVEL SAMSARA KARYA ZARA ZETTIRA, PEMBELAJARAN TEKS NOVEL
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:49
Last Modified: 14 Jun 2023 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44217

Actions (login required)

View Item View Item