Elfath, Assyifa
(2022)
Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal berikut: Pertama, mendeskripsikan struktur teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara. Kedua, mendeskripsikan unsur kebahasaan teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara. Data dalam penelitian ini adalah struktur dan ciri kebahasaan teks pidato persuasif yang telah ditulis oleh siswa kelas IX berjumlah SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara tahun ajaran 2021/2022. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara yang ditulis oleh kelas IX yang berjumlah dua puluh lima teks. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik penganalisisan data dalam penelitian ini ada lima, yaitu (1) mengidentifikasi unsur umum data, (2) mengidentifikasi data berdasarkan teori yang menjadi acuan, (3) menganalisis data, (4) menginterpretasikan data yang sudah dianalisis, dan (5) menyimpulkan hasil deskripsi data dengan menulis laporan.
Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, dilihat dari segi struktur teks pidato persuasif. Struktur teks pidato persuasif terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup. Secara umum teks pidato persuasif yang ditulis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara sudah baik. Siswa sudah mampu menulis teks pidato persuasif berdasarkan ketiga struktur yang sudah ditetapkan.
Kedua, dilihat dari segi ciri kebahasaan teks pidato persuasif. Pada teks pidato persuasif yang ditulis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara, umumnya siswa sudah menggunakan ketiga ciri kebahasaan teks pidato persuasif dengan tepat. Ketiga ciri kebahasaan tersebut, yaitu kalimat aktif, kata tugas, dan kosakata bidang ilmu/istilah.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan secara umum bahwa siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara sudah mampu menulis teks pidato persuasif dengan memperhatikan struktur dan ciri kebahasaan. Namun, masih ditemukan struktur yang tidak tepat seperti pada pembukaan yang tidak tersusun secara sistematis. Kemudian, pada ciri kebahasaan teks pidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara masih ditemukan tidak tepatnya penggunaan kalimat aktif, kata tugas, dan kosakata bidang ilmu/istilah.
Actions (login required)
|
View Item |