Syafitri, Weni
(2022)
Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Discovery Learning Berorientasi Chemoentrepreneurship pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul kimia berbasis discovery learning berorientasi chemoentrepreneurship pada materi larutan penyangga kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu (1) define, (2) design, (3), develop, dan (4) disseminate. Uji validitas e-modul dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP, empat orang guru kimia, dan tiga orang dosen teknik informatika FT UNP. Uji praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru kimia sekolah, dan 32 orang peserta didik kelas XII SMA Negeri 5 Solok Selatan pada ajaran 2022/2023. Intrument penelitian yang dihasilkan berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Lembar angket validitas dianalisis dengan menggunakan formula Aiken's V dan lembar angket praktikalitas dianalisis dengan menggunakan persentase statistic deskriptif. Dari basil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata Aiken's V untuk validitas ahli materi dan ahli media berturut-turut sebesar 0,90 dan 0,93 dengan kategori valid. Sedangkan nilai kepraktisan e-modul oleh guru dan peserta didik berturut-turut sebesar 94,6% dan
89,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul kimia berbasis discovery learning berorientasi chemoentrepreneurship pada materi larutan penyangga kelas XI SMA/MA yang dihasilkan sudah valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |