Efektivitas Sistem Pembelajaran Flipped-Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Untuk Kelas XII SMA/MA

Novia, Trie (2022) Efektivitas Sistem Pembelajaran Flipped-Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Untuk Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_TRIE_NOVIA_17035114_7611_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh penyebaran covid-19 secara cepat yang mempengaruhi aspek pendidikan. Agar penyebaran ini segera teratasi, pemerintah Indonesia mengambil kebijakan untuk mengalihkan proses pembelajaran dari luring ke daring. Adanya pengalihan tersebut membuat guru kesulitan mengontrol peserta didik.. Dengan adanya masalah tersebut, menjadi tantangan untuk guru untuk menyesuaikan sistem pembelajaran yang cocok digunakan untuk pembelajaran online. Penelitian terdahulu telah dilakukan pengembangan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada reaksi redoks dan elektrokimia untuk kelas XII SMA.MA. Akan tetapi, belum dilihat efektivitas dari sistem tersebut. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada reaksi redoks dan elektrokimia kelas XII SMA/MA. Jenis penelitian ini yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalent control group design yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA 8 Padang, sedangkan teknik yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Hasil uji statistik menunjukkan nilai thitung yang diperoleh berdasarkan data yaitu hitung = 2,02 dan 1tabel = 1,666, sehingga thitung > ttabel dengan taraf 0,05, dengan kata lain dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran yang menerapkan sistem pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil. pembelajaran materi redoks dan elektrokimia untuk kelas XII IP A SMAN 8 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, ekaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:26
Last Modified: 28 Dec 2023 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44195

Actions (login required)

View Item View Item