Pengembangan Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X SMA/MA

Maidani, Suci Sri (2022) Pengembangan Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_SUCI_SRI_MAIDANI_15035118_5824_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Materi larutan elektrolit dan non elektrolit merupakan materi yang bersifat abstrak sehingga membutuhkan multipel representasi dalam proses pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dalam mempelajari materi pada tingkat SMA/MA. Pembelajaran tersebut akan optimaljika ditunjang dengan sebuah bahan ajar seperti modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis inkuiri terbimbing untuk melatih berpikir tingkat tinggi dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Educational Design Research dengan model pengembangan Plomp. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas yang diolah menggunakan rumus Aiken's V dan angket praktikalitas diolah menggunakan rumus %. Dari hasil analisis data, modul yang dikembangkan memiliki validitas 0,87 dengan kategori valid. Penilaian praktikalitas berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 94% untuk uji kelompok kecil termasuk ketegori sangat praktis. Sedangkan hasil praktikalitas berdasarkan angket respon guru sebesar 93% dengan kategori sangat praktis. Diharapkan dari hasil penelitian ini modul yang dikembangkan dapat digunakan untuk pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:04
Last Modified: 09 Jun 2023 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44194

Actions (login required)

View Item View Item