Efektivitas Modul Termokimia Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIP A di SMAN 13 Padang

Gunawan, Ray Alfandi (2022) Efektivitas Modul Termokimia Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIP A di SMAN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RAY_ALFANDI_GUNAWAN_18035109_6681_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Materi termokimia merupakan materi pelajaran kimia yang diajarkan pada peserta didik kelas XI SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas modul termokimia berbasis discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 13 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 13 Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan modul termokimia berbasis discovery learning, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan modul, tetapi menggunakan bahan ajar yang biasanya digunakan di sekolah yaitu LKPD. Instrumen penelitian berupa tes berbentuk soal pretest-posttest yang sudah valid, reliabel, memiliki daya beda soal, dan indeks kesukaran yang baik sebanyak 20 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan nilai N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai masing-masing adalah 0,82 dengan kategori tinggi dan 0, 72 dengan kategori tinggi. Berdasarkan uji normalitas dari kedua kelas sampel, hasil Lo= 0, 146 (kelas eksperimen) dan Lo= 0,145 (kelas kontrol) < Ltabel= 0,149, hasil ini menunjukan data kedua kelas sampel terbukti terdistribusi normal. Berdasarkan Uji Homogenitas dari kedua kelas sampel, hasil Fhitung= 0,67 < Ftabel= 1, 78 hasil ini menunjukan data kedua kelas sampel terbukti memiliki varians yang homogen. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t sebab data kelas sampel terbukti terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, maka diperoleh nilai uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 2, 19 > 1,99. Artinya, data ini secara signifikan menunjukkan nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai kelas kontrol. Hal menunjukkan bahwa penggunaan modul termokimia berbasis discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 13 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
CorrectorNasra, EdiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Jun 2023 06:46
Last Modified: 09 Jun 2023 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44187

Actions (login required)

View Item View Item