Panggabean, Merlyn
(2022)
Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Ikatan
Kimia di Kelas XI SMAN 14 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar kimia siswa pada materi ikatan kimia di kelas XI SMAN 14 Padang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Materi ikatan kimia merupakan materi yang cukup sulit dipahami, karena 78,37% siswa SMAN 14 Padang di kelas XI IPA belum mencapai KKM belajar yang telah ditetapkan. Hal ini menjadi salah satu indikator bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan ketidakmampuan siswa dalam belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dan ditandai dengan hasil belajar yang rendah. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas XI IPA 5 SMAN 14 Padang TA 2022/2023 yaitu sebanyak 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes diagnostik Two Tier-Multiple Choice sebanyak 19 soal dan wawancara. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, yaitu menganalisis serta memberikan pengertian mengenai data dalam bentuk angka agar dapat diberikan gambaran secara teratur, ringkas dan jelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada materi ikatan kimia. Kesulitan belajar siswa paling tinggi terletak pada indikator ke-2 yaitu membedakan ikatan kovalen polar dan ikatan kovalen non olar sebesar 73,3% dengan kategori tingkat kesulitan belajar tinggi. Untuk indikator ke-3 yaitu 67,9% dengan kategori tingkat kesulitan belajar tinggi, Indikator ke-1 yaitu 58,3% dengan kategori kesulitan belajar tinggi.
Actions (login required)
|
View Item |