Imanah, Ladisa Fergie
(2022)
Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery Learning Berbasis LSLC terhadap Hasil Belajar pada Materi Larutan Elektrolit & Nonelektrolit di SMAN 1 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Materi larutan elektrolit dan nonelektrolit merupakan salah satu materi kimia yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model guided discovery learning berbasis lesson studyfor learning community terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu pretest-postest kontrol group design. Populasi terdiri dari siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Padang tahun ajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dan terpilih yaitu X MIPA 1 dan X MIPA 4, Shift A dari masing-masing kelas sebagai kelas kontrol dan Shift B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Pengaruh model guided discovery learning berbasis LSLC terhadap hasil belajar siswa dianalisis melalui nilai uji n- gain, uji prasyarat dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian diperoleh nilai n-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,74 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol 0,61 dengan kategori sedang. Data hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Uji independent sample t-test menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu berturut-turut 2,75 dan 1,99 sehingga penerapan model guided discovery learning berbasis lesson study for learning community memiliki pemgaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |