Praktikalitas dan Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia dan Pertanyaan Prompting Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII MIPA SMA

Pratiwi, Khovifah Indah (2022) Praktikalitas dan Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia dan Pertanyaan Prompting Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII MIPA SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_KHOVIFAH_INDAH_PRATIWI_18035103_6531_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sifat koligatif larutan merupakan salah satu materi wajib pada mata pelajaran kimia tingkat SMA di kelas XII. Konsep pada materi sifat koligatif larutan bersifat abstrak sehingga sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Untuk menanggapi permasalahan diatas, telah ada pengembanngan media Microsoft Powerl'oint-TSpring yang terintegrasi pertanyaan prompting dan tiga level representasi kimia pada materi sifat koligatif larutan hanya saja belum dilakukan uji praktikalitas dan efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan praktikalitas dan efektivitas media pembelajaran powerpoint-LSpring terintegrasi multipel representasi kimia dan pertanyaan prompting materi sifat koligatif larutan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII IPA SMA/MA. Jenis penelitian adalah pengembangan dengan model 4D yang dilakukan pada tahap develop melakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas. Uji efektivitas menggunakan desain penelitan pre-experimental design dengan one group pretest post-test. Populasi terdiri dari peserta didik kelas XII di SMAN 2 Koto XI Tarusan dan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Untuk kelas sampel pada penelitian ini adalah kelas XII MIPA 3. Instrumen pada uji praktikalitas berupa angket sedangkan pada uji efektivitas adalah instrumen tes dalam bentuk multiple choice test. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kepraktisan sebesar 78,25% dari guru dan peserta didik dengan kategori praktis berdasarkan analisis data kepraktisan dari praktisi dan media pembelajaran powerpoint-TSpring terintegrasi multipel representasi kimia dan pertanyaan prompting pada materi sifat koligatif larutan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPA di SMAN 2 Koto XI Tarusan dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,77 pada kategori tinggi serta analisis uji-t yang diperoleh rata-rata pretest lebih kecil secara signifikan dari rata-rata posttest.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:29
Last Modified: 09 Jun 2023 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44175

Actions (login required)

View Item View Item