Perbandingan Hasil Belajar Materi Titrasi Asam Basa Menggunakan Model Guided Discovery dan Inquiry Learning Dengan Teknik Diskusi Buzz Group

Rahmi, Gusti (2022) Perbandingan Hasil Belajar Materi Titrasi Asam Basa Menggunakan Model Guided Discovery dan Inquiry Learning Dengan Teknik Diskusi Buzz Group. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_GUSTI_RAHMI_17035065_6709_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 mempengaruhi sistem pendidikan terutama dalam pelaksanaan pembelajaran. Keterbatasan waktu dalam pembelajaran menyebabkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik tidak berlangsung dengan baik. Salah satu cara mengatasi keterbatasan waktu menggunakan teknik diskusi yaitu teknik diskusi buzz group. Model pembelajaran yang digunakan adalah model guided discovery learning dan guided inquiry learning. Maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk membandingkan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dan Discovery Learning menggunakan teknik diskusi Buzz Group pada materi titrasi asam basa. Penelitian eksperimen ini menggunakan Mixed Method dengan desain Convergent Parallel Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Kota Bukittinggi. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model Guided Inquiry dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model Guided Discovery dengan teknik diskusi Buzz Group. Instrument yang digunakan yaitu instrument Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) titrasi asam basa. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen 2. Materi penghambat bagi kedua kelas adalah materi asam basa pada bagian menentukan konsentrasi H+ dan Off serta penentuan pH larutan. Data tes kedua sampel berdistribusi normal dan bervariansi homogen. Uji hipotesis diperoleh nilai signifikan 0,031 sehingga H0 diterima. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan model guided inquiry learning dan model guided discovery learning berbeda secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizzah QuratulUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Jun 2023 02:29
Last Modified: 09 Jun 2023 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44173

Actions (login required)

View Item View Item