Pengaruh Penerapan Model GDL Berbasis LSLC Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Elektrolisis di SMA Negeri 15 Padang.

Mahesa, Anggita (2022) Pengaruh Penerapan Model GDL Berbasis LSLC Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Elektrolisis di SMA Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ANGGITA_MAHESA_18035097_7819_2022.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013 memfokuskan proses pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Dalam penerapannya proses pembelajaran masih berpusat kepada guru. Hal ini dikarenakan terbatasnya waktu dan shift kelas akibat pandemi. Sehingga minat belajar belajar siswa menjadi turun dan berdampak pada penurunan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu cara yang bisa digunakan yaitu guru dapat melaksanakan LSLC untuk membentuk komunitas dan berkolaborasi dalam memperbaiki proses pembelajaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model GDL berbasis LSLC terhadap hasil belajar siswa pada materi elektrolisis di SMA Negeri 15 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dari populasi yang berjumlah lima kelas (kelas XII MIPA-1 sampai dengan MIPA-5). Terpilih kelas XII MIPA-4 sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA-1 sebagai kelas kontrol. Intrumen penilaian berupa tes hasil belajar (essay). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji N-Gain, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa sampel terdistribusi normal dan homogen. Dengan uji t pada a = 0.05, didapatkan lhitung 5,08 dan ltabet 1,67. Nilai lhitung > ltabet artinya hasil belajar siswa yang menggunakan model GDL berbasis LSLC lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model GDL berbasis LSLC pada materi elektrolisis di SMA Negeri 15 Padang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan model GDL berbasis LSLC terhadap hasil belajar siswa pada materi elektrolisis di SMA Negeri 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerimadesi, YerimadesidesiUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:59
Last Modified: 09 Jun 2023 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44170

Actions (login required)

View Item View Item